background img

ZIKIR, PIKIR, DAN AMAL

3 days ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Islam menyeimbangkan kehidupan spiritual dan sosial pemeluknya. Sisi spiritual dan sosial tak boleh terpisah, bagaikan dua sisi mata uang. Seorang mukmin sejati tidak boleh abai pada duniawi, tapi tak pula silau dengan harta dan tahta.

Tidak cukup hanya dengan mengingat Allah kita beribadah, seperti ritual salat, tetapi ibadah sosial lainnya wajib dilakukan. Bahkan, berpikir dan mencari ilmu pengetahuan termasuk amal saleh.

“Jadi sekali lagi zikir, fikir dan amal adalah ciri dari pada pribadi muslim yang merupakan salah satu dari pada komposisi ini yang tak boleh berat sebelah. Maka kemudian produktivitas kita sebagai seorang muslim pun kemudian akan berkurang,” kata ustadz Mudzhirul Haq dalam program Lentera Qolbu yang dipersembahkan oleh Dompet Dhuafa Kaltim di Radio KPFM Balikpapan, Selasa (4/5)

Menurutnya, dzikir, fikir dan mengamalkan atau mengaplikasikan dari pada nilai-nilai tersebut adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Zikir itu adalah amalan hati, bagaimana kita mengkondisikan hati kita membuatnya fokus kepada Allah SWT, kemudian membasahinya dengan lantunan-lantunan yang menghidupkan suasana dengan mengingat-ingat Allah SWT atas segala kenikmatan-Nya.

Kemudian berpikir adalah memaksimalkan fungsi akal kita untuk terus belajar dan mengupgrade kemampuan dan wawasan kita.

Hal ini adalah ciri dari pada pribadi yang berkomitmen terhadap terhadap pikirannya terhadap nikmat akal yang Allah SWT berikan.

“Allah perintahkan untuk membangun kesadaran kita bahwa konsepsi keilmuan merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dari pada jalan penghambaan kita kepada Allah SWT,” terangnya.

Setelah kita dan fungsi akal kita, maka kenikmatan amal akan kita dapatkan
Sehingga zikir, pikir dan amal adalah ciri dari pada pribadi muslim yang merupakan komposisi yang tidak boleh berat sebelah.

(MAULANA/ KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *