background img

WNA INDIA DILARANG MASUK

1 week ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan melarang warga negara asing (WNA) asal India masuk ke Kota Balikpapan.

Kebijakan itu dilakukan menyusul adanya perkembangan virus varian baru Covid-19 dari India yakni B117 dan B.1617 di negara tersebut.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, sejalan dengan kebijakan Pemerintah Pusat yang melarang warga India, atau WNA yang sempat singgah di India, masuk negara Indonesia yang telah diberlakukan sejak 24 April 2021.

Kebijakan larangan ini juga dilakukan untuk mengantisipasi adanya temuan di Samarinda terulang di Kota Balikpapan, ketika enam orang anak buah kapal (ABK) warga India yang diketahui terpapar Covid-19 dan kini menjalani isolasi.

“Belum ada temuan. Mudah-mudahan selamanya bebas, pokoknya kita minta warga negara India untuk sementara jangan masuk ke Balikpapan. Saya kira Indonesia juga sudah menghentikan karena jangan sampai terulang seperti di Samarinda,” kata Rizal kepada wartawan, Rabu (28/4).

Ia menjelaskan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan otoritas pelabuhan dan bandara serta Imigrasi untuk memantau pendatang yang masuk ke kota Balikpapan.

Selain itu, pihaknya juga telah beberapa perusahaan yang ada di Kota Balikpapan seperti Pertamina Hulu Mahakam (PHM) agar memberikan informasi terkait keberadaan ekspatriat di lingkungan kerjanya.

Namun ia memastikan belum ada temuan terkait perkembangan virus varian baru Covid-19 dari India yakni B117 dan B.1617 di Kota Balikpapan. “Belum ada,” jawabnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *