background img

WAWALI RAHMAD PINJAMKAN KAPAL UNTUK WISATA BAHARI

3 years ago written by

BALIKPAPAN KPFM – Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud ternyata memiliki keinginan untuk mengembangkan potensi wisata bahari di Balikpapan. Hal tersebut diutarakannya saat diwawancarai KPFM di kantornya, Rabu (7/2).

Rahmad mengatakan, Balikpapan memiliki potensi wisata bahari yang sangat besar, terlebih secara geografis berdekatan dengan selat Makassar. Jika sebelumnya Dinas Pariwisata sudah mencoba mengembangkan potensi wisata di Balikpapan Timur, yakni tepatnya di Kampung Warna-warni Manggar, tahun ini dirinya ingin mencoba hal serupa di Balikpapan Barat. “Saya melihat kontur di wilayah Kampung Baru bentuknya perbukitan mirip di Brazil, dan banyak rumah yang berdiri di sana. Akan menarik sekali kalau rumah-rumah itu juga dicat warna-warni seperti di Manggar karena bisa menjadi pemandangan indah jika dilihat dengan menelusuri perairan Teluk Balikpapan,” ujarnya.

Rahmad mengungkapkan, sudah menyampaikan ke Dinas Pariwisata untuk membantu dengan cara menggandeng pihak ketiga dalam mewujudkan konsep wisata bahari yang baru tersebut. Bahkan, Rahmad sebagai pihak ketiga menyanggupi akan membantu menyediakan kapal miliknya untuk mengarungi perairan Balikpapan Barat. “Nanti saya akan sediakan kapal berkapasitas maksimal 50 orang dengan sistem sewa. Nantinya wisata pesisir itu akan menyisir perairan Balikpapan Barat mulai dari pelabuhan Semayang, Teluk Balikpapan hingga masuk ke Kampung Baru, Kariangau dan sungai Wain,” sambung Rahmad.

Tidak hanya ke perairan Balikpapan, bahkan Rahmad juga menyebutkan kapal-kapal tersebut bisa menjangkau ke pulau-pulau terluar yang berdekatan dengan Selat Makassar, seperti Pulau Balabalagan, Selesingan dan Samataha yang secara administratif masuk ke provinsi Sulawesi Barat.

“Berdasarkan pengalaman yang pernah mencoba sendiri, hanya perlu waktu 1,5 jam untuk sampai ke sana dengan kapal speed boat. Peluncuran pertama wisata bahari ini sekitar Maret. Saya akan ajak awak media agar bisa merasakan langsung wisata laut dan pesisir kota Balikpapan,” imbuh suami Hj. Nurlena ini. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *