background img

WASPADAI DEMAM BERDARAH MULAI NAIK

2 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Memasuki musim pancaroba, berbagai masalah kesehatan khususnya di negara tropis seperti di Indonesia kembali hadir.

Salah satu yang perlu diwaspadai adalah demam berdarah dengue (DBD).

DBD merupakan salah satu penyakit yang kerap muncul pada peralihan musim hujan ke musim kemarau.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarti yang akrab disapa Dio menyampaikan, berdasarkan laporan yang diterima, terindikasi terjadi kenaikan jumlah kasus DBD.

Hal itu terindikasi berdasarkan permintaan kegiatan fogging yang meningkat di sejumlah wilayah di antaranya di Kecamatan Balikpapan Selatan.

“Untuk saat ini memang dari laporan yang kami terima memang ada terjadi kenaikan jumlah kasus demam berdarah, hal itu terindikasi dengan jumlah laporan kegiatan fogging yang juga naik. Untuk saat ini memang terindikasi yang paling banyak terjadi kasus demam berdarah di wilayah kecamatan Balikpapan Selatan,” kata Dio kepada wartawan, Sabtu (7/5).

Ia menuturkan, dalam upaya pencegahan penyebaran DBD, hal yang utama untuk dilakukan adalah pemberantasan nyamuknya.

Karena kegiatan fogging yang dilakukan hanya mematikan nyamuk yang ada saat itu, sehingga akan tetap berkembang biak. Tapi untuk mematikan perkembangannya adalah dengan melakukan pemusnahan sarang nyamuknya.

Menurut Dio, untuk saat ini program pencegahan penyebaran DBD di semua Puskesmas sudah mulai jalan, karena biaya operasional kesehatan saat ini sudah tersedia.

“Jadi tinggal jalan saja. Kader-kader pun sudah dipersiapkan segala peralatan di antaranya masker, sarung tangan, jadi kader sudah siap, para kader ini juga sudah siap untuk bergerak bersama tim dari PKK, untuk menjalankan program posyandu di setiap wilayah,” ujarnya.

Untuk mendukung program tersebut, dirinya juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungannya, dengan menghindari ada genangan-genangan air yang dapat menjadi tempat untuk berkembang biak nyamuk demam berdarah.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.