background img

WASPADA VIRUS D614G

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Belum usai virus Corona atau Covid-19 melanda Kota Balikpapan, kini masyarakat kembali dikejutkan dengan adanya kabar virus D614G yang merupakan mutasi dari virus Corona.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, saat ini secara nasional dilaporkan jika penularan terjadi oleh virus yang sudah bermutasi. Yaitu virus jenis D614G.

“Jadi yang dominan sekarang bukan lagi vurus Wuhan, tapi virus Corona yang sudah bermutasi, yakni jenis D614G,” kata wanita yang akrab disapa Dio itu, Senin (1/2).

Virus D614G ini, lanjut, Dio, memiliki penularan yang sifatnya sangat cepat. Yakni, dalam waktu tiga hingga empat hari.

“Dia punya ciri khas, penularan jenis virusnya lebih cepat. Tiga sampai empat hari,” ujar juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan itu.

Ditanya apakah sudah ada ditemukan kasus di Balikpapan, wanita berjilbab itu menyebut jika hal itu tidak bisa dipastikan. Sebab harus melalui penelitian laboratorium.

“Tidak bisa kami pastikan, karena itu penelitian laboratorium biomolekuler. Ada 12 atau 13 lab yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk meneliti itu,” ungkapnya.

Meski belum bisa dipastikan, Kota Balikpapan rupanya memiliki risiko penularan yang cukup tinggi. Dikarenakan mobilitas orang yang datang dari luar Kalimantan Timur (Kaltim).

“Balikpapan karena posisinya pintu gerbang Kaltim, pergerakan orang sangat tinggi. Maka risiko penularan juga cukup tinggi,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *