background img

WASPADA, TREN KASUS MENINGKAT

6 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Masyarakat patut waspada lagi terhadap penyebaran virus Corona atau Covid-19. Sebab, jumlah kasus terkonfirmasi positif sepanjang tanggal 1 hingga 14 Desember 2020 sudah mencapai 500 kasus. Mendekati total kasus selama November 2020 sebanyak 598.

Hal itu dibenarkan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi. Ia pun meminta masyarakat untuk disiplin menegakkan protokol kesehatan. Satgas juga sedang mengkaji atau menyusun aksi pencegahan kasus tersebut.

“Kita akan melakukan pembatasan-pembatasa. Tadi pagi, kami semua dengan tim satgas kecamatan dan kelurahan, menyoroti kerumunan di kedai kopi atau kafe-kafe. Juga penerapan protokol kesehatan perkantoran atau perusahaan,” kata Rizal, Senin (14/12).

Kegiatan masyarakat yang turut disoroti adalah berbagai acara. Salah satunya pernikahan. “Ini juga menjadi perhatian kita dalam hal pembatasan – pembatasan,” ujarnya.

Ia juga meminta masyarakat untuk benar-benar menyadari karena kenaikan kasus cukup tinggi. Sehingga angka R0 atau rasio penularan kasus tiba-tiba melonjak sampai 1,26 atau di atas angka standar satu.

“Saya mohon kepada masyarakat benar-benar memperhatikan hal ini, karena bisa merugikan dan membahayakan kita semua. Kalau semuanya melakukan pelonggaran protokol kesehatan dan tidak terkontrol maka berakibat kepada kita semua,” ucapnya.

Angka kasus, lanjut Rizal, harus diturunkan. Mengingat pada awal tahun 2021 nanti, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) mulai dilaksanakan.

“Saya ingatkan kembali kita perlu menurunkan kasus ini, karena pada awal tahun kita berencana membuka sekolah untuk anak-anak kita,” tandasnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *