background img

WASPADA SIKLON TROPIS SURIGAE

2 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menginstruksikan pemeritah daerah agar dapat melaksanakan upaya penguatan dampak siklon tropis Surigae.

Saat ini sedang terjadi di perairan Samudra Pasific diperkirakan akan bergerak dengan kecepatan 10 knot atau 19 kilometer per jam dengan kekuatan 95 knots atau 185 kilometer per jam dengan tekanan 935 hPa.

Pergerakan dan fenomena siklon tropis ini berpotensi menimbulkan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di sembilan provinsi di Indonesia. Salah satunya Kalimantan Timur (Kaltim).

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada. Terutama yang di kawasan rawan bencana.

“Kita antisipasi, pertama mengingatkan masyarakat untuk waspada terutama yang tinggal di daerah rentan bencana seperti di pantai dan perbukitan,” kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Senin (19/4) kemarin.

Di samping itu, Kaltim juga sudah membentuk tim penanggulangan bencana yang melibatkan instansi terkait. Baik dari pemerintah, hingga TNI/Polri.

“Tempo hari kita sudah bersama-sama membentuk tim penanggulangan bencana yang melibatkan lintas instansi. Dipimpin oleh Gubernur Kaltim, kemudian Pangdam, Kapolda, tim penanggulangan bencana dan lainnya. Berbagai hal kita antisipasi,” ungkap Rizal.

Orang nomor satu di lingkungan Pemkot Balikpapan itu juga mengaku telah mengingatkan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) serta Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Balikpapan untuk melakukan penebangan pohon yang dianggap berbahaya.

“Kita sudah ingatkan, pemotongan pohon yang tua dan membahayakan. Kemudian memperbaiki dan merapikan sejumlah tempat pembuangan sampah sementara (TPS) agar tidak berserakan serta menutup saluran air,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *