background img

WASPADA, OMICRON MULAI MENGANCAM

4 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Kota Balikpapan saat ini sedang menghadapi lonjakan kasus harian Covid-19. Di tengah situasi tersebut, juga perlu diwaspadai varian baru Omicron yang mulai mengancam. Setelah sebelas kru kapal Sagar Moti yang masuk perairan Balikpapan terkonfirmasi positif Omicron.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Balikpapan M Zainul Mukhorobin membenarkan perihal tersebut. Dia menjelaskan, kapal berbendera Panama itu masuk ke perairan Balikpapan pada awal Januari lalu dengan membawa 21 kru.

Sampel whole genome sequence (WGS) kru yang positif selanjutnya dikirim ke Puslitbangkes Kemenkes RI di Jakarta. Tiga minggu kemudian, hasil pemeriksaan keluar. Sebelas dari tiga belas sampel yang dikirim terkonfirmasi Omicron.

Kabar baiknya saat ini seluru kru kapal sudah negatif Covid-19, berdasar hasil PCR pada 29 Januari 2022. “Kapal juga sudah menyelesaikan masa karatina dan mendapatkan izin berlayar,” kata Zainul, Kamis (3/2).

Kini masih ada satu kapal lagi yang tengah menjalani karantina di tengah laut, 12 mil dari Pelabuhan Semayang. Kapal bernama Diamond Indah berbendera Singapura itu membawa 22 kru, dan 18 di antaranya positif Covid-19 dari hasil PCR.

“Kru yang terkonfirmasi positif menjalani isolasi, dan yang negatif Covid-19 sudah dikarantina. Sampel WGS segera dilirim ke Puslitbangkes untuk dianalisis. Jadi, belum tahu apakah ini varian Omicron atau bukan,” ucap Zainul.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.