background img

WASPADA GEJALA LONG COVID

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Penyitas Covid-19 tampaknya tetap harus waspada kendati sudah terbebas atau sembuh dari virus Corona.

Salah satunya adalah terjadinya Long Covid. Suatu kondisi atau gejala yang muncul setelah dinyatakan sembuh berdasarkan hasil swab test yang sudah negatif.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKk) Balikpapan Andi Sri Juliarty membenarkan adanya kondisi tersebut. Menurutnya, ada banyak gejala Long Covid. Namun yang paling sering dijumpai adalah nafsu makan berkurang.

“Jadi, gejala Long Covid itu banyak. Salah satunya nafsu makan berkurang, sehingga mungkin rambut jadi enggak subur (Rontok, Red). Mungkin juga karena berkombinasi semua virusnya,” kata Andi Sri Juliarty, Senin (1/3).

Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Balikpapan itu mencontohkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Balikpapan yang kehilangan nafsu makan usai sembuh dari Covid-19.
“Kepala Bappeda itu kehilangan nafsu makan yang cukup lama, sehingga berat badannya turun delapan kilogram. Jadi pengaruhnya di saluran cerna,” ungkapnya.

Secara teori, lanjut wanita yang akrab disapa Dio itu, gejala Long Covid bisa bertahan lima sampai 12 Minggu. “Setelah itu kita lihat dia akan baik kembali,” tuturnya.

Ditanya soal risiko yang timbul jika seorang penyintas mengalami gejala Long Covid, wanita berjilbab itu menyebut jika tentunya kalau seseorang tidak bisa makan, pasti akan berpengaruh ke yang lainnya.
“Itu akan berpengaruh ke yang lainnya. Kepala Bappeda itu kurus banget. Berat badannya turun drastis,” ucapnya.
Tim medis di rumah isolasi Asrama Haji Balikpapan, dr. Agus Iriansyah menambahkan, Long Covid yang paling umum dirasakan berupa sering sakit kepala, tidak bisa tidur, badan nyeri hingga tak bertenaga.
Sehingga penyintas harus menjaga aliran darah tetap lancar. “Salah satu caranya dengan berolahraga, jalan kaki selama setengah atau satu jam pada pagi dan sore. Kemudian jangan sampai stres,” tandasnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *