background img

WASPADA, DELTA MENULAR LEBIH CEPAT

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Varian baru Covid-19 B1617 atau varian Delta berada di balik lonjakan kasus di sejumlah daerah di Indonesia, seperti Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Kudus, dan Jawa Tengah.

Semua daerah termasuk Balikpapan diminta untuk mewaspadai serta melakukan langkah antisipasi terhadap varian yang pertama kali ditemukan di India tersebut. Karena penularannya lebih cepat.

“Kasus varian baru ini memang belum ada di Balikpapan, tapi kita diminta waspada dan antisipasi. Penularannya lebih cepat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty, Rabu (16/6) sore di BSCC Dome Balikpapan.

Perihal itu, Pemkot Balikpapan bersama Satgas Penanganan Covid-19 langsung mengambil beberapa kebijakan. Utamanya mengatur mobilisasi terhadap pendatang dan juga yang keluar dari Balikpapan.

“Sesuai arahan Wali Kota, pertama diinternal Pemkot. Selama 14 hari tidak diperbolehkan melakukan perjalanan dinas ke Jakarta, Jawa, hingga Sumatera. Karena kasus di sana tinggi,” ungkap Andi Sri Juliarty.

Kemudian untuk eksternal, Wali Kota Balikpapan akan mengeluarkan surat edaran kepada seluruh perusahaan atau perkantoran swasta untuk bersama-sama menerapkan langkah antisipasi tersebut.

“Jika tidak penting jangan ke wilayah yang zona merah dulu. Sebaliknya, jika ada tamu dari zona merah ditunda dulu. Yang terlanjur berangkat pas pulang harus WFH,” ucap wanita yang akrab disapa Dio itu.

Terhadap masyarakat umum juga demikian. Diimbau untuk tidak melakukan perjalanan ke luar kota, terutama ke wilayah yang masuk zona merah. “Kalau tidak penting jangan dulu,” ucapnya.

Untuk mendukung kebijakan tersebut, penjagaan terpadu di pintu masuk seperti Bandara dan juga Pelabuhan akan diaktifkan kembali.

“Akan dimulai lagi penjagaan ketat di Bandara dan Pelabuhan terhadap pelaku perjalan yang masuk dan keluar Balikpapan. Kalau lolos di pintu masuk, akan dicegat atau diperiksa oleh Satgas tingkat RT,” tandasnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *