background img

WARGA SUDIRMAN KEMBALI MENGADU

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Sejumlah warga yang yang bermukim di kawasan ruas jalan Jenderal Sudirman kembali mendatangi Kantor Wali Kota Balikpapan untuk mempertanyakan kebijakan pemberlakuan zona tertib lalu lintas (Zero Tolerance) yang berdampak pada perekonomian warga sekitarnya.

Kedatangan para perwakilan warga ini didampingi oleh Anggota DPRD Kota Balikpapan, Fadilah yang disambut langsung oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud.

Usai pertemuan, Anggota DPRD Balikpapan Fadillah mengatakan bahwa warga sudah beberapa kali menyampaikan protes terkait pemberlakuan zona tertib lalu lintas.

Pemberlakuan zona tertib lalu lintas ini dikeluhkan oleh para warga karena berdampak pada perekonomian mereka, khusus bagi warga yang berprofesi sebagai pedagang di kawasan Jalan Jenderal Sudirman.

“Masih mau ada pembahasan bersama Kapolda Kaltim. Karena penetapan zona itu berasal dari pusat langsung. Sementara pihak daerah hanya menjalankan aturan itu,” katanya kepada wartawan, Rabu (27/10).

Menurut Fadillah, para warga banyak mengeluhkan terkait aturan tilang terhadap kendaraan yang parkir di tepi jalan Sudirman. Sementara mayoritas tempat usaha yang ada tidak memiliki lahan parkir. Mengingat para warga sejak dulu sudah merelakan tanahnya sepanjang 9 meter untuk perluasan jalan umum.

“Jadi mereka tidak punya lahan parkir. Kan banyak toko yang tidak ada lahan parkirnya. Mau parkir dimana lagi. Akibatnya karena ada tilang pemilik toko kehilangan pemasukan. Ini yang mereka keluhkan ke walikota,” tuturnya lagi.

Menurut Fadillah, wali kota berjanji kepada warga untuk mendapatkan solusi terkait penerapan aturan tersebut. Sehingga tidak menimbulkan kesulitan lagi bagi warganya. Apalagi pemberlakuan aturan ini memang belum dibarengi dengan ketersediaan lokasi parkir yang memadai.

Sementara keberadaan gedung parkir yang disiapkan oleh pemerintah juga masih belum didukung sarana dan prasarana diantaranya untuk mobilisasi pemilik kendaraan dari gedung parkir tersebut ke tempat tinggalnya.

“Pak wali bilang pasti bela warganya. Apalagi aturan itu memang menyulitkan usaha warga. Makanya beliau sedang mencari solusi bersama kapolda. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ada kabar baik terkait hal itu,” tambahnya.

Ketua RT 06, Klandasan Ilir Lukman Hendra berharap agar ada solusi yang diberikan pemerintah kota agar persoalan yang ditimbulkan akibat penerapan tertib lalu lintas di kawasan Jalan Jendral Sudirman dapat segera selesai.

“Alhamdulillah, ada respon positif dari pak Wali Kota, semoga permasalahan ini cepat selesai, terima kasih juga kepada bu dewan Fadillah yang memfasilitasi warga Jalan Jendral Sudirman Bersatu,” ungkapnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *