background img

WAKA POLDA AWALI PENYUNTIKAN

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Meski telah dimulai sejak Rabu 27 Januari 2021 lalu, namun pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Balikpapan secara resmi baru dimulai Jumat hari ini (29/1) di Halaman Pemkot Balikpapan, Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan Kota.

Waka Polda Kaltim Brigjen Pol Hariyanto menjadi orang pertama yang menerima vaksin produksi Sinovac tersebut.

Sekitar pukul 09.45 Wita, Jenderal bintang satu itu tampak berjalan menuju tenda yang telah ditata untuk tempat simulasi vaksinasi.

Sebelum disuntik vaksin, terlebih dahulu melakukan pendaftaran dan verifikasi data, serta pemeriksaan kesehatan.

Apakah memiliki komorbid atau tidak. Termasuk pengukuran suhu tubuh dan tekanan darah.

Waka Polda juga menjawab sedikitnya 16 pertanyaan seputar riwayat kesehatan hingga dinyatakan sehat dan layak untuk mengikuti vaksinasi.

Brigjen Pol Hariyanto kemudian menuju meja berikutnya di mana proses penyuntikan dilakukan. Adapun yang bertindak selaku vaksinator adalah Dokter Wendy.

Selanjutnya, vaksinator tampak menyuntikkan vaksin di lengan kiri atas Brigjen Pol Hariyanto sekitar pukul 09.54 Wita.

Proses penyuntikan pun berjalan dengan aman dan lancar. Namun, harus menunggu selama kurang lebih 30 menit untuk melihat apakah ada kejadian ikutan pasca imunisasi.

“Kondosi saya setelah 30 menit dilakukan vaksinasi tidak ada keluhan apa-apa. Tidak ada efek samping yang dirasakan, seperti biasa saja,” kata Brigjen Pol Hariyanto kepada awak media.

Karena itu, dia pun mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak takut divaksin Covid-19. Karena vaksin ini aman dan halal. “Jaga diri dan keluarga kita dengan vaksinasi,” imbuhnya.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menuturkan, hari ini adalah pencanangan tahap pertama vaksin Covid-19 di Kota Balikpapan. Bersama 10 pejabat publik, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Vaksin ini adalah upaya pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus Corona,” ucap ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan itu.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *