background img

VAKSINASI KEMBALI TIMBULKAN KERUMUNAN

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Antrean panjang sebabkan kerumunan terjadi saat vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan di Balikpapan Sports and Convention Center (BSCC) Dome, Senin (9/8) pagi.

Dari pantauan KPFM di lapangan, masyarakat tampak berdesak-desakan di luar area gedung. Tepatnya depan pintu masuk utama BSCC Dome. Mereka tak lagi memperhatikan protokol kesehatan untuk menjaga jarak.
Penyebabnya diduga dari kedatangan calon penerima vaksin yang tidak sesuai jadwal. Banyak yang memilih datang lebih awal karena khawatir tak kebagian vaksin.

“Takut aja enggak dapat. Saya juga mau kerja, jadi siapa tahu bisa suntik waktu pagi. Ternyata tidak bisa juga masuk, harus sesuai antrean,” kata Nurani (32), salah seorang peserta vaksin.

Vaksinasi tersebut menyasar sekitar 2.500 masyarakat yang menerima dosis pertama. Sebelumnya, mereka telah mendaftar melalui online dan mendapat nomor antrean.

Waktu penyuntikan juga sudah diumumkan. Mereka yang tetap datang di luar jadwal, dilarang masuk dalam gedung dan menunggu di luar hingga mendapat giliran.

“Kita mengatur dengan membagi perjam. Tapi karena sangat semangat untuk divaksin, makanya banyak yang datang tidak sesuai jamnya,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty di lokasi.

Uuntuk mengurai penumpukan, aparat gabungan dari TNI, Polri dan Satpol PP pun diturunkan. Masyarakat diimbau untuk tertib, kemudian bagi mereka yang sudah mendapat jadwal vaksinasi diminta untuk datang sesuai jadwal.

“Kami imbau agar peserta datang sesuai dengan jamnya agar tidak berlama-lama antre dan terjadi kerumunan di luar. Kalau di dalam gedung sudah tidak berkerumun, sesuai protokol kesehatan,” ucap Dio.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *