background img

VAKSIN TUNGGU IZIN BPOM

4 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Sebanyak 25.520 dosis vaksin Covid-19 untuk wilayah Kaltim tiba di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Selasa (5/1) pagi.

Vaksin buatan Sinovac tersebut selanjutnya dibawa menuju gudang penyimpanan milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kaltim.

“Vaksin yang datang dibawa ke gudang vaksin Dinkes Provinsi, kita simpan di sana. Karena gudang tersebut memang telah memenuhi syarat,” kata Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur, Setyo B Basuki.

Meski telah tiba di Kaltim, vaksin tersebut rupanya belum bisa langsung digunakan. Masih harus menunggu izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM.

“Kita menunggu surat rekomendasi atau izin dari BPOM untuk penggunaan dan pendistribusiannya. Kalau sudah, segera kita distribusikan ke setiap Dinkes kabupaten dan kota,” ujarnya.

Basuki pun belum bisa memastikan kapan jadwal pendistribusian vaksin tersebut ke setiap daerah, sebab BPOM tak berada di bawah Kementrian Kesehatan. Sehingga masalah perizinan sepenuhnya menjadi kewenangan lembaga tersebut.

“Kita menunggu saja, mudah-mudahan dalam waktu dekat. Sehingga vaksin ini bisa segera dimanfaatkan. Tahap pertama untuk tenaga kesehatan karena kontak langsung dengan pasien Covid-19” ungkapnya.

Basuki berharap para tenaga kesehatan siap dan tidak ada penolakan untuk divaksinisasi. “Sejauh ini memang belum ada informasi penolakan. Kita berharap semua siap untuk divaksin,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *