background img

USUL BANGUN RS DI SETIAP KECAMATAN

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kota Balikpapan mengusulkan agar dibangun rumah sakit di tiap-tiap kecamatan.

Hal itu dilakukan sebagai bagian dari persiapan peningkatan infrastruktur seiring dengan rencana pemindahan ibu kota negara ke wilayah Kalimantan Timur yang lebih tepatnya di kawasan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Sabaruddin Panrecalle mengatakan, Kota Balikpapan harus melakukan sejumlah perencanaan untuk menyiapkan sejumlah infrastruktur untuk menyambut rencana pemindahan ibu kota negara ke wilayah Kaltim.

Menurut Sabaruddin, fasilitas kesehatan merupakan salah satu hal yang paling mendasarkan untuk mendukung rencana tersebut, dengan menambah jumlah rumah sakit yang ada di tiap kecamatan.
Sebagai wilayah yang paling dekat dengan ibu kota negara, Kota Balikpapan akan menjadi kota penyangga sekaligus pintu gerbang, sehingga diperlukan infrastruktur yang memadai untuk mendukung rencana tersebut.

“Akan menjadi hal yang ironis, ketika Kota Balikpapan nanti sudah connecting (terhubung) dengan wilayah ibu kota negara, namun tidak memiliki sarana dan prasarana yang mendukung di antaranya dalam hal ini rumah sakit,” kata Sabaruddin kepada wartawan, Rabu (31/3).

Untuk saat ini, wilayah paling penting untuk dibangun rumah sakit adalah wilayah Kecamatan Balikpapan Timur, karena wilayah ini akan terhubung langsung dengan kawasan ibu kota negara yang berada di wilayah Kabupaten Kukar.

“Kota Balikpapan harus mempersiapkan lebih dulu terkait penyediaan infrastruktur sebelum ibukota negara dipindahkan sehingga Kota Balikpapan benar-benar siap sebagai Kota penyangga sekaligus pintu gerbang,” ungkapnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *