background img

UNIBA BERI KESEMPATAN KKN

3 years ago written by

BALIKPAPAN KPFM – Universitas Balikpapan (Uniba) di jalan Pupuk Raya, Gunung Bahagia, yang mempunyai 12 program studi (prodi) memberikan kesempatan pada para mahasiswanya untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di wilayah Balikpapan.
Riris salah satunya, mahasiswi semester 6 jurusan Ekonomi Akuntansi yang mendapatkan kesempatan KKN di Kelurahan Baru Ulu, Balikpapan. “Secara langsung saya bisa melihat kehidupan masyarakat di sana seperti apa. Kebanyakan mereka berpenghasilan dari hasil nelayan. Yang membuat saya tersentuh saat mendata keluarga yang memiliki penghasilan rendah. Kepala keluarga tersebut sudah tidak bisa pergi melaut dikarenakan lumpuh. Dan mereka benar-benar tidak memiliki penghasilan,” ujar Riris saat menceritakan pengalamannya di program KK Jessica KPFM 95.4 Mhz Balikpapan, Kamis (15/3).
Menurut Riris, mendapat amanat untuk melakukan survey keluarga yang memiliki pendapatan kecil, ternyata tidak sepenuhnya disambut baik oleh pihak Rukun Tetangga. “Kami mendata pendapatan keluarga dengan penghasilan kecil tadi dianggap akan memberikan bantuan. Padahal kami hanya mendapat tugas melalui kelurahan setempat. Salah satu ketua RT di sana menyebut kalau kami jangan PHP mereka,” ujar Riris.
Berbeda dengan Riris, Pani mahasiswi semester 6 jurusan Pendidikan Matematika yang mendapatkan KKN di Karang Joang justru datang ke Sekolah Dasar untuk memberikan sedikit ilmunya yang didapatkan di kampus. Pani berharap, kelak dirinya bisa memberikan pelajaran matematika dengan lebih menyenangkan. Karena selama ini matematika selalu dianggap pelajaran yang sulit.
Selain mata kuliah yang memang disukai, peran dosen dan figur yang diidolakan mampu membuat para mahasiswa menjadi lebih rajin. “Salah satunya adalah sosok bapak Piatur Pangaribuan yang di mata mahasiswanya memiliki karakter humoris dan tidak kaku. Jadi buat yang saat ini tengah mencari perguruan tinggi di Balikpapan, silahkan datang ke Uniba untuk mendaftar sebagai mahasiswa baru sesuai dengan prodi yang dipilih,” ujar Pani. (Jessica/KPFM)

Article Categories:
News · Talkshow

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *