background img

UMRAH DIIZINKAN, PEMOHON PASPOR MENINGKAT

8 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Dibukanya kembali umrah untuk jamaah asal Indonesia berdampak pada meningkatnya jumlah permohonan paspor. Seperti yang terjadi di Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Balikpapan.

Peningkatan permohonan terjadi sejak satu bulan terakhir. Mayoritas didominasi untuk tujuan ibadah umrah ataupun haji.

“Alhamdulillah bulan-bulan ini ada peningkatan yang cukup baik. Banyak masyarakat yang mengajukan permohonan paspor baru itu untuk menjalankan ibadah umrah,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan, Rakha Sukma Purnama, Senin (18/4).

Sebelumnya, lanjut Rakha, dalam sehari Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan hanya melayani 10 sampai 15 orang. Kini beranjak naik, antara 50-70 dalam satu harinya. “Kalau masa normal sebelum pandemi, bisa sampai seratus,” ungkapnya.

Selain karena dibukanya kembali pintu umrah, peningkatan juga dikarenakan adanya kebijakan pemerintah pusat yang melonggarkan segala aktivitas masyarakat .
“Sebelumnya memang masih ada pembatasan karena pandemi Covid-19, sehingga jumlah pelayanan di Kantor Imigrasi Balikpapan otomatis menurun. Dan sekarang aktivitas dilonggarkan, sehingga berdampak juga pada pelayanan di Imigrasi,” tuturnya.

Menyikapi peningkatan tersebut, Kantor Imigrasi Balikpapan selalu mempersiapkan diri untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Bahkan ada inovasi yang dilakukan berupa jemput bola.

“Jadi masyarakat tidak perlu datang ke kantor Imigrasi, tapi kami akan datang untuk menyambangi masyarakat. Dan juga ada pelayanan di hari Sabtu dan Minggu sesuai dengan jadwal yang kami berikan,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.