background img

TNI-POLRI PATROLI SKALA BESAR

3 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Polresta Balikpapan menggelar apel gabungan pengamanan Paskah 2021 di halaman Makopolresta Balikpapan, Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan Kota (Balkot), Jumat (2/4) pagi.

Kabag Ops Polresta Balikpapan Kompol Nur Kholis mengatakan, apel tersebut sebagai tindaklanjut instruksi Kapolda Kaltim yang menetapkan siaga satu dalam rangka pengamanan perayaan Paskah.

“Kebetulan hari ini adalah hari Paskah. Seluruh gereja di Balikpapan melaksanakan kegiatan ibadah. Diawali tadi malam ada 10 gereja khususnya di Kota Balikpapan,” kata Nur Kholis usai apel.

Sejatinya untuk patroli gabungan, lanjut Nur Kholis, sudah dilakukan sejak Kamis (1/4) malam. Namun, untuk patroli yang berskala besar mulai dilakukan Jumat hari ini (2/4).

“Jadi, hari ini kita patroli gabungan skala besar. Kita di-back up oleh Brimob satu pleton, Sabhara satu pleton dan dari Kodim ada dua regu,” ujarnya.
Dalam pelaksanaannya, anggota dibagi dalam dua tim. Yakni, satu tim melakukan patroli di wilayah Kota, Tengah dan Barat. Kemudian satu tim lagi patroli wilayah Selatan, Utara hingga Timur.
“Satu tim ini gabungan, ada dari TNI, Brimob, Sabhara dan URC Sabhara. Jadi semuanya lengkap,” ungkap Nur Kholis.
Selain patroli, pengamanan di setiap gereja yang ada di Kota Balikpapan juga diperketat. Anggota yang bertugas pun sudah menempati posisinya masing-masing.
“Anggota kita yang berjaga di gereja, masing-masing sudah menempati posisinya sejak pagi. Ada juga yang di kantor, selalu siaga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bersama,” ucapnya.

PANGDAM SAMBANGI GEREJA
Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto menyambangi gereja Katolik Santa Theresia di Jalan Prapatan, Balikpapan Kota, Kamis (1/4) malam sekira pukul 20.00 Wita. Tepatnya saat perayaan Kamis Putih.
Turut mendampingi Dandim 0905 Balikpapan Kolonel I Gusti Agung Putu Sujarnawa serta Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi. Kedatangan rombongan untuk memastikan keamanan perayaan Paskah 2021.
“Kita semua bersama-sama menjaga agar situasi tetap kondusif di tengah situasi yang kita hadapi saat ini di beberapa wilayah,” tutur Mayjen TNI Heri di sela kunjungan.
Menurutnya, Kota Balikpapan tergolong aman dan kondusif. Ia pun meyakinkan umat kristiani yang merayakan Paskah tetap merasa aman dalam beribadah.
“Mudahan sampai hari Minggu nanti semuanya dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa halangan apapun,” tandasnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *