background img

TNI AD DAN TENTARA AS LATIHAN DI BALIKPAPAN

2 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan, TNI Angkatan Darat (AD) dijadwalkan akan menjalani latihan bersama (Latma) dengan US Army atau tentara Amerika Serikat (AS) dalam waktu dekat.

Latihan tersebut diberi nama Garuda Shield 15/2021. Sesuai jadwal akan berlangsung awal Agustus 2021 nanti. Salah satu daerah latihannya berada di wilayah Kodam VI Mulawarman.

Sedikitnya 120 prajurit dari Batalyon Infanteri Raider 600/Raider Modang Kodam VI Mulawarman serta sekitar 50 unsur pendukung dilibatkan dalam latihan itu.

Sebelum pelaksanaan terlebih dulu dilakukan gelar pasukan di lapangan Batalyon Infanteri Raider 600/Modang, di Manggar, Balikpapan Timur (Baltim), Rabu (21/7).

Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto hadir langsung dalam giat tersebut. Ia mengecek seluruh kesiapan prajurit serta sarana dan prasarana pendukung latihan lainnya.

“Ini adalah latihan bersama antara TNI AD dan US Army dan telah diprogramkan oleh angkatan darat. Pertama kali melibatkan pasukan yang banyak. Saya sudah cek dan siap untuk pelaksanaan latihan bersama nanti,” kata Pangdam kapada wartawan.

Pelaksanaan latihan sendiri akan berlangsung pada 4-14 Agustus nanti. Namun prajurit Militer AS akan tiba di Balikpapan pada 25 Juli 2021 melalui Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan. Jumlahnya sekitar 120 orang ditambah sekitar 30 unsur pendukung.

“Saat tiba di Balikpapan mereka akan melalui sejumlah prosedur. Salah satunya harus karantina, selama itu tidak boleh interaksi dengan siapapun. Kalau misalnya ada yang positif Covid-19, kita sudah siapkan tempat isolasi tersendiri,” ungkapnya.

Setelah proses karantina, latihan gabungan langsung digelar. Dimulai dengan latihan persiapan di Mako Batalyon Infanteri Raider 600/Modang, kemudian dilanjutkan lantihan lapangan yang dipusatkan di pusat latihan tempur (Puslatpur) Amborawang, Kukar.
“Perlu saya sampaikan, selama latihan mereka tidak ada interaksi dengan warga. Hanya interaksi dengan penyelenggara dan pelaku atau peserta latihan saja,” ucap Pangdam.

Ada pun tujuan serta manfaat dari latihan bersama ini, pertama membangun hubungan diplomasi antara TNI AD dengan US Army.
Kemudian akan banyak hal yang dapat dipelajari dari US Army. Terutama tentang kemampuan US Army yang pasukannya cukup profesional karena sudah pernah melaksanakan tugas di beberapa negara.
“Tapi di sisi lain prajurit kita juga punya kelebihan serta kemampuan. Oleh karena itu kita nanti bisa saling sharing, berbagi ilmu,” tuturnya.

Manfaat dan tujuan lainnya adalah memperkenalkan wilayah Kaltim yang seutuhnya, mulai dari budaya hingga kearifan lokal. “Itu semua akan kita perkenalkan kepada Militer AS. Masuk dalam unsur latihan yang digelar nanti,” tandasnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *