background img

TIGA SATGAS KAWAL PILGUB MULAI BEKERJA

4 years ago written by

BALIKPAPAN – Polda Kaltim resmi meluncurkan Satuan Tugas (Satgas) Nusantara, Satgas Money Politic dan Satgas Cyber atau Cyber Patrol untuk mengawal jalannya pesta demokrasi Pemilihan Gubernur Kaltim 2018.

Peluncuran ketiga satgas itu dipimpin langsung Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto di Ruang Rapat Utama Mapolda Kaltim, jalan Syarifuddin Yoes, Balikpapan, Senin (19/2). Acara tersebut dihadiri Kepala Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kaltim Syaiful Bahtiar.

Kapolda berharap adanya tiga satgas oleh Kepolisian ini dapat berkontribusi secara maksimal dalam mengawal dan mengawasi jalannya Pilgub Kaltim dari hal-hal yang dapat mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa, maupun yang dapat mengurangi kualitas demokrasi.

“Untuk Satgas Nusantara, kami berharap dapat mengantisipasi isu-isu berkaitan dengan SARA yang dapat mengganggu kegiatan Pilkada. Untuk Cyber, kami tugaskan anggota untuk patroli di dunia maya, melihat dan mencari para pelaku yang menyebarkan ujaran-ujaran kebencian. Sementara dengan Satgas Money Politic, kami berharap untuk bisa mengantisipasi kegiatan money politic yang dilakukan tim sukses pasangan calon,” jelas Priyo.

Mulai Senin (19/2) tiga satgas itu resmi beroperasi, meski telah ada di antara satgas tersebut yang dibentuk sejak awal Januari 2018 lalu. “Untuk Satgas Money Politic, secara struktural terpusat di Mabes Polri. Kemudian dibentuk di Polda dan Polres. Untuk kasus money politic sejauh ini belum ada temuan,” sambungnya.

Segala temuan oleh tiga satgas tersebut nantinya akan dilaporkan ke Bawaslu Kaltim untuk kemudian diproses dan diberi tindakan tegas. “Kami akan melaporkan ke Bawaslu. Nanti dipilah-pilah, mana yang berkaitan dengan pidana dan mana berkaitan dengan pilkada,” ujar Kapolda Kaltim yang resmi menjabat awal Januari 2018 lalu. (ARIYANSAH/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *