background img

TIGA POSISI PIMPINAN OPD DILELANG

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Lelang Jabatan untuk tiga pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintahan Kota (Pemkot) Balikpapan dibuka. Yakni Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian, serta Badan Pengelolaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Walikota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, lelang jabatan ini sudah dilakukan sejak Senin (13/7) lalu dan akan berjalan hingga dua pekan ke depan. Diperkirakan hasil lelang akan keluar di bulan September mendatang. “Syaratnya antara lain usianya tidak melebihi 56 tahun. Juga eselon III, dan beberapa syarat lain oleh BKPSDM,” katanya, Jumat (17/7).

Menurut Rizal, pelaksanaan Lelang Jabatan sudah dilakukan sesuai aturan. Sebab, selama masa tahapan Pilkada, tidak diperbolehkan adanya lelang jabatan ataupun mutasi tanpa izin dari Kemendagri.”Sudah kita ajukan sejak Februari lalu izin lelang jabatan ke Kemendagri. Dan sudah mendapat izin makanya dilaksanakan. Tinggal pelaksanaan saja, finalnya September nanti,” ujarnya.

Terpisah, Kepala BKPSDM Robi Ruswanto membenarkan bahwa lelang jabatan atau seleksi terbuka kepala OPD ini telah dilaksanakan.
Pelaksanaannya berlangsung selama 14 hari kalender. Ada pun tahapannya berlangsung sampai dengan 3 Agustus 2020 mendatang.
“Dalam tahapan ini, pertama seleksi administrasi, kedua seleksi penyusunan makalah, ketiga asesmen kemudian wawancara. Ada empat tahapan jadinya,” sebutnya.

Nantinya setelah tahapan seleksi diselesaikan, semua keputusan kembali ke Walikota Balikpapan. Dan kemudian akan diumumkan.
“Semua yang menentukan Pak Walikota. Mereka yang bisa ikut tes antara lain pejabat administrator eselon III A dan B selama memenuhi persyaratan,” ucapnya.Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *