background img

TES COVID MASIH BERLAKU UNTUK PERJALANAN

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah mulai melonggarkan beragam aturan. Pelaku perjalanan domestik untuk transportasi darat, laut, dan udara, misalnya, tidak perlu lagi melakukan tes Covid-19 sebagai syarat perjalanan.

Namun kebijakan itu belum sepenuhnya berlaku. Di Kota Balikpapan contohnya. Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan atau KKP Kelas II Balikpapan M Zainul Mukhorobin menyebut jika aturan tes antigen dan PCR untuk perjalanan transportasi masih tetap berlaku saat ini.
“Masih berlaku,” kata Zainul saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp, Selasa (8/3).
Hal itu, lanjut Zainul, dikarenakan belum ada Surat Edaran (SE) resmi yang diterima daerah. “Masih menunggu aturan resminya. SE dari Gugus Tugas Nasional atau SE Kemenhub belum ada,” ungkapnya.
Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan pemerintah memutuskan untuk membebaskan syarat tes antigen maupun PCR bagi pelaku perjalanan domestik.
Pembebasan tes tersebut berlaku untuk semua moda transportasi baik udara, laut, dan darat. Luhut menyebut kebijakan ini dibuat dalam masa Indonesia menuju transisi era kehidupan normal.
“Dalam rangka transisi menuju aktivitas normal. Pelaku perjalanan domestik dengan transportasi udara, laut, maupun darat yang sudah melakukan vaksinasi dosis kedua dan lengkap sudah tidak perlu menunjukkan bukti tes antigen dan PCR negatif,” katanya melalui keterangan pers evaluasi PPKM secara virtual, Senin (7/3).
Luhut menambahkan, kebijakan tersebut akan ditetapkan dalam surat edaran yang akan diterbitkan oleh kementerian atau lembaga terkait dalam waktu dekat ini.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.