background img

TERTIPU BELI MOTOR MURAH ONLINE

3 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Kejahatan penipuan secara online seperti tak ada habisnya. Sebagaimana yang dialami seorang warga Balikpapan bernama Wahyudi. Penjual mainan anak ini mengaku tertipu jual beli motor bekas secara online dengan harga miring, Senin (15/11).

Total kerugian yang diderita Wahyudi dalam kasus ini mencapai Rp 4.750.000. Merasa telah keluar uang banyak, pria berusia 35 tahun itu memutuskan melaporkan apa yang dialaminya tersebut kepada Polresta Balikpapan.

Saat diwawancarai awak media, Wahyudi menceritakan kronologis kejadian. Bermula saat ia hendak membelikan sang anak sepeda motor bekas, dan mencari melalui forum jual beli di laman facebook.

“Saat cari di facebook, ketemu motor Yamaha N-Max. Bodinya masih bagus dan harganya juga murah, Rp 5,7 juta. Makanya saya tertarik,” kata Wahyudi di Polresta Balikpapan, Senin (15/11) sore.

Selanjutnya ia menjalin komunikasi lewat WhatsApp dan telepon dengan penjual motor yang belakangan mengaku berada di Karawang, Jawa Barat.

Untuk memudahkan proses jual beli, penjual meminta uang administrasi.

Nominalnya Rp 1.250.000. Wahyudi yang sudah tergiur nurut saja dengan mentransfer uang tersebut.

“Katanya untuk mengurus surat-surat administrasi, karena motor ini katanya penjual itu merupakan motor sitaan leasing,” ungkapnya.

Sampai di sini, Wahyudi belum sadar kalau dirinya sudah tertipu. Tak lama berselang, si penjual kembali meminta uang. Jumlahnya Rp 3,5 juta, dengan dalih untuk mengurus asuransi.

“Buat bukti asuransi katanya. Enggak tahu kenapa saya percaya saja. Penjual itu bilang nanti dikembalikan uang itu setelah beberapa menit, ternyata tidak,” tuturnya.

Warga yang tinggal di kawasan Gunung Bakaran, Balikpapan Selatan ini mulai sadar saat si penjual kembali meminta uang delapan juta dengan alasan untuk mengurus kelengkapan sepeda motor di Samsat setempat.

“Di sini saya curiga dan tidak melakukan pengiriman. Saya memilih ke Polresta Balikpapan untuk membuat laporan,” ucapnya.

Hingg berita ini dibuat belum ada keterangan dari kepolisian. Kasat Reskrim Polresta Balikpapan Kompol Rengga Puspo Saputro yang dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp belum memberikan tanggapan.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *