background img

TEMPAT WISATA TETAP BUKA

12 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan memutuskan untuk tetap membuka tempat wisata selama libur panjang nanti.

Demikian disampaikan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi usai melakukan rapat bersama di Aula Pemkot Balikpapan, Senin (26/10).

“Tadi kita sudah bahas. Dibuka dengan protokol kesehatan yang ketat. Kalau bisa untuk sementara tidak menerima tamu dari luar Balikpapan. Hanya warga Balikpapan saja dan dibatasi jumlahnya,” kata Rizal.

Untuk pengawasannya, lanjut Rizal, dilakukan sangat ketat. Misalnya di pantai Manggar. Pengunjung dicek, apakah warga Balikpapan atau tidak. “Dilihat dari KTP-nya. Harus dipastikan, supaya ini tidak menjadi cluster liburan,” ujarnya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Balikpapan Zulkifli menambahkan, perihal pengamanan telah dikoordinasikan baik dengan Disporapar juga dengan Dinkes Kota Balikpapan.

“Jadi nanti ada petugas internal pariwisata, disamping memang mengawasi keamanan, mereka juga nanti difungsikan sebagai petugas satgas Covid-19 internal,” ungkap Zulkifli.

Selain itu, juga akan ada beberapa relawan yang dilibatkan dalam pemantauan wisata ini. Seperti PMI dan duta wisata.

“Selama libur ini. Tetapi dengan Prokes ketat. Nah, tadi pak Wali juga sudah ingatkan harus berani menahan pengunjung kalau sudah sesuai kapasitasnya,” ucapnya.

Ada pun kapasitas yang diperbolehkan berada di wisata hanya 50 persen dari jumlah biasanya. Dan nanti Disporapar yang akan menentukan jumlah yang diizinkan masuk di area.

“Maksimal pengunjung 50 persen dari kapasitas. Tapi kalau pantai Manggar kan 50 persen itu besar, makanya arahan pak Wali, petugas harus berani menahan pengunjung kalau dipantainya dipandang sudah cukup,” tandasnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *