background img

TEMPAT WISATA DIBUKA

4 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan membuka kembali tempat wisata dalam perpanjangan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 hingga 6 September 2021. mendatang.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Balikpapan Zulkifli mengatakan, sesuai dengan Instruksi Mendagri Nomor 36, Kota Balikpapan menjadi salah satu kabupaten/kota di luar pulau Jawa Bali yang masih berada di PPKM level 4.

Menurutnya, meski Balikpapan masih berada pada PPKM level 4, namun instruksi tersebut juga memuat beberapa aturan relaksasi di Santaranya terkait izin operasional tenan di pusat-pusat perbelanjaan dengan pengaturan maksimal kapasitas pengunjung 50 persen. Termasuk kegiatan seni budaya masyarakat dan tempat wisata dengan kapasitas hanya 25 persen.

Kemudian, untuk tempat ibadah juga telah dilonggarkan dengan kapasitas 25 persen atau 50 orang jamaah yang artinya ibadah salat Jumat sudah bisa dilaksanakan. “Kalau THM memang tidak dirincikan dalam instruksi Mendagri, cuma THM ini induknya wisata, karena wisata umum dibuka berarti THM boleh buka. Tapi tetap masih akan kami formulasikan dulu untuk di Balikpapan,” kata Zulkifli kepada wartawan, Rabu (25/8).

Selain itu, warung makan atau restoran juga diperbolehkan membuka layanan makan di tempat dengan pembatasan jumlah pengunjung 25 persen dari kapasitas ruangan. “Sesuai diskusi dengan Dinas Kesehatan (Diskes) Kota, kursinya berhadapan bisa dilakukan. Kalau memakai kursi dan meja panjang, maka bisa diselang-seling duduknya,” tuturnya.

Meski menerapkan beberapa relaksasi, pihaknya meminta masyarakat agar tetap disiplin protokol kesehatan (Prokes) untuk mengantisipasi adanya potensi lonjakan jumlah kasus meski saat ini sedang terjadi penurunan kasus positif Covid-19.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *