background img

TEMBAKAU SINTETIS HANTUI PARA PELAJAR

1 week ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Balikpapan pada tahun 2021 ini berhasil mengungkap kasus narkoba jenis baru, yakni tembakau gorila atau tembakau sintetis.

Hal tersebut mengemuka dalam giat workshop penguatan kapasitas kepada insan media untuk mendukung kota tanggap ancaman narkoba yang digelar BNNK Balikpapan bersama awak media di Swiss Bell Hotel, Selasa (8/6).

Dalam paparannya, Kepala BNNK Balikpapan Kompol M Daud menyebut jika pada tahun 2021 ini pihaknya sudah berhasil mengungkap tiga kasus narkotika. Satu di antaranya tembakau gorila.

“Ini kasus baru dengan barang bukti jenis baru, tembakau sintetis,” kata Kompol M Daud kepada awak media.

Peredaran barang haram yang satu ini perlu diwaspadai. Terlebih yang disasar mayoritas berusia muda dan produktif, yakni para pelajar hingga mahasiswa.

“Kita perlu waspada, modus peredarannya baru karena melibatkan para pelajar yang usianya masih sangat muda. Dan ini sedang kita perluas,” ungkap Daud.

Lantas seberapa bahaya tembakau sintetis sehingga menjadi atensi BNNK Balikpapan? Kompol Daud menjelaskan, dari segi tembakau sejatinya tidaklah berbahaya. Namun lebih kepada sintetisnya yang ternyata masuk golongan narkotika.

“Makanya itu bukan barang bukti jenis tumbuhan, tapi jenis kimia. Efeknya sama, seperti halusinasi dan lainnya. Kemudian sifatnya ketergantungan,” ucap Daud.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *