background img

TEKAN KEMATIAN, LANSIA BERKOMORBID DIIMBAU KE RS

7 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Warga lanjut usia atau lansia dengan komorbid diharapkan langsung ke rumah sakit jika sudah terpapar Covid-19, agar segera mendapatkan penanganan medis.

Dengan cara ini, diharapkan angka kematian Covid-19 yang mulai meningkat dalam beberapa hari terakhir di Kota Balikpapan bisa segera ditekan.
Imbauan tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty. Dikatakan dalam tiga hari terakhir terjadi peningkatan kasus kematian pada lansia berkomorbid, dan terlambat mendapat perawatan di rumah sakit.
“Kematiannya itu di IGD. Artinya terlambat merujuk ke rumah sakit,” kata Andi Sri Juliarty melalui sambungan telepon, Jumat (25/2).
Masyarakat pun diminta untuk mengerti bahwa tidak semua bisa isolasi mandiri jika terkonfirmasi positif Covid-19.
Untuk lansia, kalau terpapar harus ke rumah sakit. Nantinya, tenaga kesehatan yang menentukan apakah boleh pulang isolasi mandiri atau tetap dirawat di rumah sakit.
“Mohon ini jadi perhatian. Karena selama ini para lansia pilih langsung isolasi mandiri di rumah. Kalau kondisinya sudah berat baru ke rumah sakit dan akhirnya meninggal di IGD,” ucap wanita yang akrab disapa Dio itu.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.