background img

TARGET ZAKAT BAZNAS TURUN

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Balikpapan menargetkan perolehan zakat, infaq dan shodaqoh mencapai Rp4,8 miliar pada tahun 2020 ini.Kepala Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Balikpapan Sarjono mengaku bahwa target perolehan zakat pada tahun 2020 ini, menurun dibandingkan tahun sebelumnya.

Di tahun 2019, target perolehan zakat, infaq dan shodaqoh di Baznas Kota Balikpapan mencapai Rp4,9 miliar.Penurunan ini dipengaruhi oleh kondisi ekonomi yang terkena dampak akibat pandemi virus Corona atau Covid-19 yang telah terjadi selama beberapa bulan terakhir.

“Target kita sedikit menurun dibandingkan tahun sebelumnya, kalau tahun 2019 lalu kita Rp4,9 miliar di tahun ini kita tetapkan Rp4,8 miliar,” jelasnya ketika diwawancarai wartawan di Kantor Wali Kota Balikpapan, Senin (18/5).

Menurutnya, sebagian besar perolehan zakat, infaq dan shodaqoh yang diterima oleh Baznas Kota Balikpapan berasal dari kalangan PNS di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan.”Mayoritas dari ASN, karena memang kita 2,5 persen dari ASN,” terangnya.Zakat, infaq dan shodaqoh yang dikumpulkan akan disalurkan untuk membiayai sejumlah program di lima sektor yakni pendidikan, ekonomi, kemanusiaan, dakwah dan advokasi.

Selain itu, Baznas Kota Balikpapan juga telah menjalankan program untuk membantu masyarakat yang terdampak dalam masa pandemi Covid-19. Di antaranya dengan membagikan sebanyak 3.600 paket sembako yang terdiri dari 1.000 paket sembako yang dibagikan di masing-masing kelurahan, 700 sembako melalui Dinas Sosial dan 1.900 paket sembako untuk guru ngaji.(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *