background img

TARGET WISATAWAN TURUN

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan menurunkan target kunjungan wisatawan menjadi 1 juta kunjungan pada tahun 2021 ini.

Penurunan ini merupakan dampak dari situasi pandemi Covid-19 yang masih terus berlanjut di tahun 2021.
Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan Dortje Marpaung mengatakan, untuk tahun 2021 ini pihaknya hanya memasang target kunjungan ke Balikpapan sebanyak 1 juta wisatawan.

Jumlah tersebut jauh lebih rendah dibandingkan target di masa normal, sebelum terjadi pandemi Covid-19, yang biasanya bisa mencapai 2,5 juta wisatawan dalam satu tahun.

Penurunan target itu juga dilakukan berdasarkan pengalaman di tahun 2020, yang hanya mencatat jumlah kunjungan ke Balikpapan kurang dari 500 ribu wisatawan dalam setahun.

“Kita berpikir bahwa target untuk kunjungan wisatawan itu sudah terlalu tinggi, karena untuk tahun 2020 saja jumlah wisatawan yang masuk ke Kota Balikpapan tidak sampai dari 500 ribu,” kata Dortje kepada wartawan.

Menurut Dortje, pihaknya berencana akan melakukan evaluasi terhadap target PAD yang sudah ditetapkan pada April 2021 mendatang, dengan mempertimbangkan situasi yang terjadi di tengah pembatasan akibat pandemi Covid-19.

“Jadi meskipun saat ini target PAD dari sektor pariwisata kembali naik, tapi nanti kita akan melakukan evaluasi kembali di bulan April. Kita lebih mengutamakan pada jaminan keamanan kesehatan dibandingkan untuk meningkatkan pendapatan dari PAD karena memang beberapa sektor pariwisata terpaksa ditutup di awal tahun ini dengan peningkatan kasus Covid 19,” ujarnya.

“Jadi memang untuk 1 semester ke depan, satu juta pengunjung saja terpenuhi itu sudah bagus, bila dibandingkan dengan tahun 2020 lalu yang 500 ribu pengunjung saja tidak tercapai,” ungkapnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *