background img

TARGET VAKSINASI NAKES SULIT TERCAPAI

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan hingga saat ini masih terus menggenjot upaya perluasan cakupan vaksinasi Covid-19.

Termasuk pemberian booster atau vaksin ketiga bagi tenaga kesehatan yang ditargetkan selesai pada 12 November 2021 ini.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarti yang akrab disapa Dio mengatakan, pihaknya saat ini masih berupaya untuk memenuhi target cakupan vaksinasi Covid-19 khusus bagi tenaga kesehatan.

Sesuai target awal, cakupan pemberian vaksinasi Covid-19 tahap ketiga bagi tenaga kesehatan, dapat tercapai 100 persen pada 12 November 2021 bersamaan dengan Hari Kesehatan Nasional.

Saat ini cakupan vaksinasi tahap ketiga bagi tenaga kesehatan sudah tercapai sekitar 88,3 persen. Sebanyak 5.084 dari 5.759 tenaga kesehatan sudah diberikan vaksin tahap ketiga.

Namun Dio mengungkapkan bahwa pihaknya sulit tercapai karena banyak tenaga kesehatan yang berstatus penyintas atau mantan pasien Covid-19.

“Namun memang sulit 100 persen, karena banyak nakes (tenaga kesehatan) penyintas,” ungkapnya.

Ia menambahkan, berdasarkan surat edaran dari Kementerian Kesehatan terkait pelaksanaan vaksinasi, bagi penyintas sudah bisa diberikan pada interval waktu 1 bulan setelah dinyatakan sembuh.

Sedangkan bagi penyintas yang bergejala berat maka untuk kegiatan vaksinasinya baru dapat dilakukan setelah 3 bulan.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *