background img

TARGET 150 RIBU PENDUDUK BALIKPAPAN DIVAKSIN COVID-19

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan sedikitnya ada sekitar 150 ribu penduduk akan yang diberikan vaksin Covid-19.

Jumlah tersebut diperoleh berdasarkan perhitungan jumlah penduduk Kota Balikpapan yang memenuhi kriteria penerima vaksin Covid-19 yakni berada pada usia 18 hingga 59 tahun.

“Kalau kita hitung dari total jumlah penduduk kita, ada sekitar 150 ribu penduduk yang berusia 18 hingga 59 tahun,” kata Rizal selaku Ketua Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kota Balikpapan kepada wartawan, Selasa (22/12).

Target tersebut disampaikan berdasarkan perhitungan jumlah usia berdasarkan kriteria penerima vaksin yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. Meski hingga saat ini, belum ada kepastian berapa kuota yang akan diterima oleh Kota Balikpapan dalam rencana kegiatan vaksinasi Covid-19.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarti selaku Juru Bicara Gugus Tugas Covis-19 Kota Balikpapan mengatakan, sedikitnya ada sekitar 100 tahapan yang harus dipenuhi untuk melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat.

Yang pertama adalah dengan membentuk Pokja di tingkat kota sebagai persiapan awal tahapan pelaksanaan vaksinasi. Kemudian membentuk Pokja teknis yang melibatkan sejumlah rumah sakit dan Puskesmas.

“Berdasarkan arahan yang diberikan, kita harus melakukan beberapa tahapan yang harus kita penuhi, totalnya ada sekitar 100 lebih tahapan yang harus dipenuhi. Salah satunya, untuk pertama kali dalam menjalankan rencana pelaksanaan vaksinasi adalah dengan membentuk Pokja di tingkat kota yang akan bertugas melakukan vaksinasi. Dan juga membentuk Pokja secara teknis yang akan melibatkan sejumlah rumah sakit dan puskesmas yang ada di Kota Balikpapan,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk saat ini, sebanyak seribu lebih tenaga vaksinator yang akan dilibatkan telah mengikuti workshop untuk mempersiapkan pelaksanaan pemberian vaksin kepada masyarakat.

Untuk selanjutnya, pihaknya masih menunggu arahan dari Pemerintah Pusat terkait jadwal dan kuota yang akan diberikan kepada Kota Balikpapan.

(MAULANA/KFPM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *