background img

TAQWA KEPADA ALLAH

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Sebagai seorang muslim dituntut untuk bertakwa pada Allah SWT. Ketakwaan adalah tujuan hidup bagi setiap muslim. Setiap orang harus menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segenap larangan-Nya, semata hanya mengharapkan ridho-Nya.

Mewujudkan ketakwaan kepada Allah dengan mendekatkan diri kepada-Nya dan bukan justru menjauh. Di sinilah letak perbedaan takut kepada Allah dengan sesama makhluk.

Menjalankan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya adalah inti dari bertakwa. Ketaatan muncul sebagai wujud rasa takut tertinggi kepada satu-satunya zat yang pantas ditakuti, yaitu Allah SWT

“Sungguh tidak ada ilmu yang kami ketahui kecuali apa yang kau ajarkan sesungguhnya Allah adalah maha memberi ilmu lagi maha bijaksana,” kata ustadz Khusnul Afif dalam program Berkah Sahur yang dipersembahkan oleh Dompet Dhuafa Kaltim di Radio KPFM Balikpapan, Jumat (7/5).

Menurutnya, hidup ini adalah misteri, hidup ini adalah kegelapan, kemudian dari kegelapan ini Allah hanya memunculkan pemicu dan petunjuknya.

Memancing kita dengan memberikan akal, lalu Allah memberikan satu dorongan yang kuat agar manusia menggunakan akalnya. Menggunakan seluruh potensi yang Allah titipkan kepada kita.

Sementara manusia adalah sebagai bagi pelaksanaan ujian, yang sesungguhnya adalah zolim dan jahil, adalah tidak tahu apa-apa.

Oleh karena itu, proses pelaksanaannya membutuhkan arahan atau petunjuk dari Allah SWT selaku penguji dan pencipta alam semesta raya.

Lalu, Allah turunkan Al Quran sebagai petunjuknya dan rasul sebagai prototipenya.

Al Quran adalah sebagai penjelas dari petunjuk-petunjuk Allah, dan untuk membedakan, mana itu petunjuknya Allah mana petunjuknya setan, mana hidayah dari manusia.

“Kita manusia sebagai makhluk yang bodoh tidak tahu apa-apa, Allah yang maha mengetahui, sementara kalian itu tidak tahu apa-apa dalam hidup ini tanpa Allah yang mengajarinya,” terangnya.

Dan seharusnya memang sebagai seorang hamba yang terlahir dalam keadaan bodoh, sungguh tidak ada ilmu yang diketahui kecuali apa yang diajarkan oleh Allah yang maha memberi ilmu lagi maha bijaksana.

(MAULANA/ KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *