background img

TANDA-TANDA HATI YANG SAKIT

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Hati seorang hamba terkadang sehat, sakit, sakit parah, bahkan mati. Parahnya lagi, sakit dan matinya hati adakalanya tidak diketahui pemiliknya. Itu akibat si pemilik tidak tahu tanda-tanda sehat, sakit, dan matinya. Maka dari itu, penting sekali kita mengetahui tanda-tanda tersebut.

Hati yang sakit tak akan merasakan perihnya kemaksiatan, tak menyadari pedihnya kebodohan, dan tak menghiraukan batilnya aqidah.

“Kalau ada pengajian yang ada ustadznya kemudian gratis tempatnya, enak diberi makanan dan seterusnya tapi dia susah untuk hadir. Tapi begitu ada konser rock metal, underground, campursari dan lain-lain yang isinya tayuban, yang isinya campur laki dan perempuan, itu dia yang terdepan dengan membawa atribut-atribut dan mampu untuk antre setengah hari. Ini adalah pertanda bahwa hatinya mengalami sakit secara spiritual efek kepada komplikasi,” kata ustadz Khusnul Afif dalam program Lentera Qolbu yang dipersembahkan oleh Dompet Dhuafa Kaltim di Radio KPFM Balikpapan, Minggu (9/5).

Menurutnya, tanda-tanda hati yang sakit adalah mempunyai permasalahan hidup yang kompleksitas baik secara kesehatan secara psikis maupun secara spiritual.

Orang yang memiliki sakit di hatinya akan muncul komplikasi, dia melakukan perbuatan dosa yang seolah-olah anggapnya itu hiburan saja, akan malas beribadah kemudian untuk mendekat dengan kebaikan itu susah.

Kemudian penyakit hati komplikasi adalah berupa masalah psikis yang terjadi, yang mudah sekali tersinggung, mudah kecewa, mudah marah dan mudah putus asa.

Secara fisik, orang yang mempunyai penyakit hati secara fisik bahwa tubuhnya tidak terlalu kuat, lemah secara fisik kemudian secara imunitas juga lemah dan seluruh organ tubuhnya tidak berfungsi dengan baik.

Fisiknya tidak akan pernah mampu untuk berdiri tegak di hadapan Allah, tidak mampu untuk sujud tenang di hadapan Allah dan tidak mampu membaca ayat-ayat suci dengan khusyuk.

“Secara psikis orang-orang seperti ini tidak pernah tenang, gelisah. Jadi tanda-tandanya orang yang hatinya sakit hidupnya selalu gelisah,” terangnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *