background img

TAK PUNYA E-KTP TETAP BISA MEMILIH

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan memastikan warga yang belum melakukan perekaman e-KTP tetap bisa menggunakan hak pilihnya di Pilkada serentak 2020.Komisioner KPU Kota Balikpapan Iyan Fauzi Wibowo mengatakan, pihaknya akan tetap memasukan data warga yang belum melakukan perekaman e-KTP dalam daftar pemilih.

“Kita siapkan kolom khusus, tetap kita data sebagai pemilih,” katanya ketika diwawancarai wartawan, Rabu (22/7). Menurutnya, KPU Kota Balikpapan telah bekerjasama dengan Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Discapilduk) Kota Balikpapan dalam proses pemutakhiran data pemilih.

Setiap warga yang ditemukan belum memiliki e-KTP atau belum melakukan perekaman akan tetap dimasukkan dalam daftar pemilih, namun data yang bersangkutan akan dimasukan dalam kolom khusus untuk dilaporkan ke Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan untuk ditindaklanjuti.

Ia menjelaskan meski hingga jadwal pemungutan suara pada 9 Desember 2020 mendatang, warga yang bersangkutan ternyata masih belum melakukan perekaman e-KTP, maka warga yang bersangkutan tetap dapat memilih dengan melampirkan Kartu Keluarga.

Sebagian besar warga yang ditemukan belum melakukan perekaman e-KTP dalam proses pemutakhiran data pemilih untuk Pilkada serentak adalah warga yang baru berusia 17 tahun, namun ada juga orang yang sudah berusia lanjut.(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *