background img

TAK ADA MUDIK, POLRI TETAP GELAR OPERASI

4 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Polda Kaltim menggelar operasi Keselamatan Mahakam 2021 yang akan berlangsung 12 hingga 25 April. Ditandai dengan apel gelar pasukan di lapangan Sekolah Polisi Negara (SPN) Balikpapan, Senin (12/4) pagi sekira pukul 07.30 Wita.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak memimpin langsung apel tersebut. Dikatakan, operasi keselamatan ini targetnya adalah cipta kondisi menjelang pelaksanaan Idul Fitri 2021.
“Jadi, sebagaimana tahun sebelumnya kita melaksanakan operasi cipta kondisi yang dilakukan oleh jajaran lalu lintas,” kata Kapolda saat diwawancarai usai apel.

Operasi yang digelar jajaran Polri kali ini disesuaikan dengan kebijakan serta aturan dari pemerintah terkait larangan mudik pada libur panjang tahun 2021 ini.
“Kita ketahui biasanya ada arus mudik yang cukup tinggi, walaupun perintahnya tidak boleh mudik namun tetap kita lakukan operasi yang sama. Tujuannya supaya selama pelaksanaan bulan puasa sampai nanti Idul Fitri itu kondusif lalu lintasnya,” ujar Kapolda.
Untuk mengantisipasi para mudik, Kapolda memastikan jika pihaknya juga tetap akan menggelar Operasi Ketupat 2021.
“Termasuk di dalamnya mengawasi yang mudik. Sebetulnya juga ini mengawasi protokol kesehatan, karena masih pandemi Covid-19,” ungkapnya.
Soal jumlah personel yang diturunkan, jenderal bintang dua itu mengaku sudah ditetapkan, termasuk nantinya pendirian posko.
“Kami persiapkan sesuai kebutuhan. Nanti satu atau dua minggu sebelum Lebaran itu operasi akan dijalankan,” tuturnya.
Di tempat terpisah, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi yang menghadiri apel gelar pasukan di Polresta Balikpapan menuturkan jika masyarakat Kota Balikpapan tidak diperkenankan untuk melakukan mudik. Hal itu untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.
“Karena kita sudah lakukan pelonggaran, kemudian Covid-nya tidak berkembang, dan tidak ada gerakan atau aksi mudik dari warga,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *