background img

TAK ADA LAGI TES KEPERAWANAN DALAM REKRUTMEN TNI AD

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Sejak bulan Mei 2021 lalu, TNI AD melakukan seleksi atau rekrutmen bintara. Dalam prosesnya ada beberapa perbaikan materi dari tahun-tahun sebelumnya.

Salah satunya adalah tidak ada lagi pemeriksaan selaput dara atau tes keperawan untuk calon Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad).

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa saat meninjau latihan bersama (Latma) Garuda Shield 15/2021 di Pusat Latihan Tempur Amborawang, Kamis (12/8) siang.

“Kami berusaha untuk memperbaiki dan evaluasi terus setiap tahunnya. Tidak ada lagi pemeriksaan vagina dan serviks,” kata Andika kepada awak media yang ikut dalam peninjauan.

Tadinya kondisi hymen atau selaput dara memang bagian dari pemeriksaan, namun sudah dihapuskan atau tidak dilakukan lagi. Pemeriksaan hymen hanya dilakukan untuk memeriksa kelainan genital sejak lahir kepada calon prajurit.

Itupun pemeriksaan itu hanya akan dilakukan kepada calon prajurit wanita yang belum pernah haid meskipun sudah berusia di atas 17 tahun.

“Itu untuk melihat apakah ada kelainan sejak kelahiran. Itu baru apakah perlu penanganan medis. Tapi kalau tidak ada, maka kita tidak lakukan pemeriksaan. Itulah penyempurnaan yang kita lakukan,” tuturnya.

Andika menambahkan, dalam pemeriksaan kesehatan kini difokuskan kepada enam hal untuk memastikan kesehatan fisik calon prajurit.

Pertama tidak ada penyakit yang mengancam jiwa, kedua tidak ada kegagalan organ dan ketiga ada penyakit yang berpotensi menular.

Kemudian tidak ada penyakit yang membutuhkan pengobatan jangka panjang, tidak ada kelainan ekstrem yang mengganggu aktivitas, dan tidak ada penyakit kejiwaan.

“Kita berpegang pada itu saja. Karena memang itu didesain untuk membuat siapapun yang diterima sebagai prajurit angkatan darat bisa ikut latihan dasar kemiliteran, maupun setelah dinas juga memiliki masa yang panjang sampai pensiun,” ucap Andika.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *