background img

TAHUN 2022, ANGGARAN COVID DISIAPKAN 63 M

3 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Untuk mengantisipasi situasi pandemi Covid-19 yang akan terus berlanjut, sekitar Rp 63 miliar dialokasikan untuk membiayai penanganan Covid-19 di tahun 2022.

Alokasi anggaran tersebut telah dimasukkan sebagai salah satu prioritas utama dalam pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan Tahun 2022, melalui alokasi Dana Tidak Terduga (DTT).

“Untuk penanganan pandemi kita selalu siapkan sesuai dengan arahan dari kementerian dalam negeri,” kata Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh kepada wartawan, Jumat (29/8).

Ia menjelaskan, dengan alokasi anggaran ini, diharapkan agar penanganan demi yang dilaksanakan ini tidak memberatkan APBD yang sudah ditetapkan

sesuai dengan arahan dari Kementerian Dalam Negeri, setiap kabupaten/kota menyisihkan sekitar 5% anggaran untuk membiayai penanganan Covid-19.

Namun pelaksanaannya, besaran anggaran yang akan dialokasikan, lanjut Abdulloh, berdasarkan klausul yang dibuat oleh Kementerian Dalam Negeri dilaksanakan dengan menyesuaikan kemampuan anggaran daerah masing-masing.

Hal ini dilakukan agar sejumlah kegiatan lainnya tetap berjalan di tengah upaya penanganan Covid-19.

“Masa anggarannya difokuskan semua, masyarakat tidak melakukan kegiatan makanya kita tetap sisihkan, karena memang edaran itu adalah isinya disarankan. Pokoknya, kita menyiapkan DTT itu untuk penanganan Corona, dan penanganan biaya tidak terduga lainnya nilainya tercatat mencapai Rp 63 miliar,” jelasnya.

Anggaran ini dialokasikan untuk mengantisipasi apabila pandemi Covid-19 masih berlanjut dan anggaran pembiayaannya sudah disiapkan sehingga tidak melakukan perubahan pada postur APBD yang sudah ditetapkan dan diharapkan tidak ada lagi refocusing untuk penanganan Covid-19.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *