background img

SWAB MASSAL MASIH TERKENDALA

1 year ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan hingga saat ini masih belum bisa memenuhi permintaan dari masyarakat untuk melakukan uji swab massal secara menyeluruh dalam mengantisipasi ancaman penyebaran virus Corona yang terus meningkat.
Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Balikpapan mengatakan, pihaknya belum bisa memenuhi permintaan masyarakat untuk melakukan swab massal secara menyeluruh karena keterbatasan alat dan tenaga dalam melaksanakannya.
“Masyarakat memang sudah mengajukan permintaan untuk dilakukan secara massal, dengan keterbatasan tenaga yang ada kita belum bisa,” katanya ketika diwawancarai wartawan, Sabtu (22/8).
Menurutnya, sebagian masyarakat yang tergolong mampu juga sudah berinisiatif untuk melakukan pemeriksaan swab test secara mandiri untuk memastikan kondisi kesehatannya.
Dan sebagian masyarakat juga memang mengajukan untuk melakukan secara mandiri.
“Kita melihat pada perkembangannya masyarakat yang mampu melakukan pemeriksaan swab sendiri,” ujarnya.
Rizal menjelaskan, untuk mengantisipasi keterbatasan tersebut, pihaknya berencana melakukan pemeriksaan swab test kepada masyarakat dengan metode sampling di beberapa wilayah, dalam upaya mendeteksi penyebaran virus Corona di masyarakat.
“Dengan tenaga dan alat yang ada kita akan mencoba untuk menerapkan metode sampling. Karena saat ini juga ada permintaan dari instansi seperti Rutan setiap bulan untuk swab arau rapid test,” jelasnya.
Untuk di kalangan pegawai di Pemerintah Kota Balikpapan sendiri, Rizal menjelaskan pelaksanaan swab test sudah mencapai 35 persen, dan saat ini masih akan terus dilanjutkan.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *