background img

STADION BATAKAN SUDAH 90 PERSEN

6 years ago written by

Balikpapan – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Balikpapan mengharapkan kontraktor pelaksana pembangunan Stadion Batakan Balikpapan PT Waskita Karya dapat menyelesaikan sisa pembangunan hingga akhir Desember 2016. Progres saat ini sudah lebih dari 90 persen.

Kepala Dinas PU Balikpapan Tara Allorante menilai menyelesaian atap stadion termasuk pemasangan rumput bukanlah pekerjaan yang sulit. Sisa waktu dua pekan Desember ini diharapkan dapat dimaksimalkan oleh kontraktor. “Masih ada sisa waktu dua minggu lagi. Progres jalan terus. Kalau rumput bukan pekerjaan sulit. Atap juga tidak sulit, tinggal menambah tenaga kerja untuk memasang dari semua sektor,” katanya kepada KPFM, Senin (19/12).

Jika dua pekan juga belum tuntas, sesuai aturan menurut Tara, kontraktor dapat dikenai penalti. Namun dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menyebut kemungkinan akan ada adendum, karena sampai saat ini kontraktor belum dibayar sebesar Rp130 miliar.  “Karena utang Pemkot ke kontraktor masih Rp130 miliar. Kita kenakan denda mereka, tapi hak dan kewajiban tidak berjalan semestinya. Perlu menjadi pertimbangan,” ujar Tara. Seperti diketahui, tertundanya pembayaran tersebut dampak dari defisit keuangan daerah.

Bilamana pembangunan stadion Batakan sampai akhir tahun ini belum juga selesai, maka target pemanfaatan Juni 2017 kemungkinan bisa molor lagi. “Kita lihat situasinya akhir Desember nanti. Setelah itu kita akan ambil keputusan,” ujarnya. Diketahui, pada kontrak tahun 2016 ini selain menyelesaikan pembangunan atap, juga pemasangan rumput lapangan dan sebagian pengadaan kursi stadion. Sedangkan untuk pembebasan lahan stadion, lanjut Tara, masih terus dilakukan pada 2017 mendatang. Pada anggaran Perubahan 2016 diusulkan Rp40 miliar, namun dialihkan ke anggaran 2017. “Saat itu kita minta Rp40 miliar pada anggaran Perubahan, tapi tidak ada. Lalu masuk anggaran murni tahun 2017. Tapi saya belum cek berapa dapatnya,” ujarnya. (FREDY/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.