background img

SOAL COVID, BALIKPAPAN IKUTI ARAHAN PUSAT

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pandemi virus Corona atau Covid-19 masih terjadi hingga saat ini. Berbagai cara penanganan dilakukan pemerintah, hingga program vaksinasi yang sekarang sedang berjalan.

Meski demikian, penyakit atau virus yang pertama kali terdeteksi di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok itu tidak lantas hilang dari muka bumi.
Bahkan belum lama ini, para pakar Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO memperkirakan Covid-19 bisa menjadi penyakit musiman, atau yang biasa disebut penyakit endemik.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, dalam penanganan Covid-19 pihaknya tetap berjalan mengikuti pedoman dan arahan dari pusat.

“Kita berjalan mengikuti arahan pusat. Vaksinasi tetap jalan, jadi tidak serta merta mengembangkan, mengecilkan atau menghentikan,” kata Jubir Sat Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan itu, Senin (1/3).

Jika Covid-19 ini menjadi endemik, maka dipastikan telah ada cara dalam penanganan.

“Semua tetap ada panduannya dari pusat. Sama seperti hepatitis yang sudah ada vaksinnya, kita pakai hepatitis B. Sama juga dengan influenza, vaksinasi pneumonia, kan sudah ada,” tuturnya.
Seperti diketahui, program vaksinasi Covid-19 dari pemerintah masih terus berjalan. Yang diawali tenaga kesehatan, disusul institusi seperti TNI dan Polri.
Kini digencarkan untuk seluruh masyarakat umum. Tak terkecuali bagi para guru dan pedagang pasar tradisional. Sebelumnya, pada Jumat (26/2) tenaga kesehatan melakukan penyuntikan terhadap pedagang Pasar Klandasan.

Kemudian pada Selasa (2/3) besok dijadwalkan penyuntikan untuk para guru serta atlet. Selanjutnya pada Jumat (5/3) penyuntikan terhadap pedagang di Pasar Pandansari, Balikpapan Barat.

“Insyaallah pedagang Pandansari hari Jumat. Untuk besok vaksinasi guru, jumlahnya 750 orang termasuk 500 atlet. Karena jumlahnya banyak, penyuntikan direlokasi yang tadinya ke Puskesmas wilayah masing-masing, semua dipusatkan di BSCC Dome,” ucap wanita yang akrab disapa Dio itu.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *