background img

SMP DOMINASI DARING, SD TATAP MUKA

4 weeks ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Hari pertama pelaksanaan Ujian Sekolah (US) untuk murid kelas enam SD dan penilaian akhir tahun untuk kelas tujuh dan delapan tingkat SMP yang digelar daring dan tatap muka berjalan dengan lancar, Senin (24/5).

“Tidak ada keluhan yang disampaikan oleh sekolah baik SMP dan SD. Semua berjalan lancar sesuai program kita,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Balikpapan, Muhaimin.
Pada tingkat SMP pelaksanaan penilaian akhir tahun untuk kelas tujuh dan delapan diikuti oleh sekitar 20.184 siswa dari 75 SMP negeri dan swasta se-Kota Balikpapan.
Dari jumlah tersebut 36 sekolah melaksanakan penilaian akhir tahun full daring atau online, dengan jumlah siswa 17.301 siswa atau 86 persen. Sedangkan yang tatap muka sebanyak 2.883 siswa atau 14 persen.
“SMP hanya ada dua metode, full daring dan full tatap muka. Dari persentase, untuk SMP lebih dominan yang mengikuti secara daring,” ungkap Muhaimin.
Kemudian untuk SD, lanjut Muhaimin, yang mengikuti ujian sekolah sebanyak 11.435 peserta didik dari 184 sekolah negri dan swasta se-Kota Balikpapan.
Dari jumlah tersebut, yang mengikuti daring murni sebanyak 57 sekolah atau 30,98 persen. Sedangkan tatap muka 34,78 persen atau 64 sekolah, dan sisanya 63 sekolah mengikuti secara campuran atau 34,24 persen.
“Yang campuran ini, pihak sekolah itu melaksanakan dua hal. Ada yang ujian di kelas, ada juga yang gurunya melayani secara daring,” ucapnya.
Untuk SD secara persentase lebih dominasi tatap muka. Kebanyakan yang berada di wilayah Balikpapan Utara dan Timur.
“Mungkin takut masalah keterjangkauan atau jaringan. Dari pada lelet mereka lebih pilih tatap muka. Tapi tetap itu pilihan dari orang tua. Tidak dipaksakan,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *