background img

SINOVAC TAK LAGI DISUNTIKKAN PADA ORANG DEWASA

6 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan memulai vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 hingga 11 tahun mulai 14 Desember 2021.

Kota Balikpapan menjadi kota yang pertama di wilayah Kalimantan Timur yang telah mulai melakukan vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak.

Khusus bagi anak-anak, pemberian vaksinasi menggunakan jenis Sinovac yang dinilai mendapat Emergency Use Authorization atau izin penggunaan darurat (EUA) dari BPOM untuk disuntikkan pada anak.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarti yang akrab disapa Dio mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi bagi anak, maka strateginya seluruh stok vaksin Sinovac akan difokuskan untuk anak.

Menurutnya, rencana untuk memfokuskan penggunaan vaksin jenis Sinovac bagi anak akan direalisasikan hingga bulan Februari 2022 mendatang. Sehingga untuk orang dewasa akan menggunakan vaksin jenis Pfizer, Moderna, dan Astrazeneca.

“Sehubungan dengan ketersediaan vaksin, kita menggunakan vaksin jenis Sinovac dengan dosis 0,5 di lengan kiri atau kanan. Sampai bulan Februari kita fokuskan Sinovac untuk anak. Dan dewasa akan menggunakan Pfizer, Moderna, dan Astrazeneca,” kata perempuan yang akrab disapa Dio kepada awak media, Jumat (17/12).

Untuk pelaksanaan vaksinasi anak akan diadakan setiap hari selasa dan Kamis di semua puskesmas, sekolah dan sentra vaksinasi.

Ia menambahkan bahwa sampai saat ini capaian vaksinasi dosis pertama di Kota Balikpapan saat ini sudah mencapai 98 persen. Dan dosis dua sudah 79 persen.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.