background img

SIAPKAN STRATEGI PENANGANAN HEPATITIS AKUT

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Kasus hepatitis akut pada anak memang belum ditemukan di Kota Balikpapan, namun kewaspadaan di tingkat fasilitas kesehatan mulai ditingkatkan.

Seperti yang dilakukan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Beriman. Managemen telah menyiapkan ruangan isolasi atau perawatan untuk menghadapi penyakit menular tersebut.

Demikian disampaikan Plt Direktur RSUD Beriman Indah Puspitasari saat dikonfirmasi, Selasa (10/5). Dikatakan, RSUD Beriman belum menerima pasien hepatitis akut.

Meski demikian, pihaknya telah menyiapkan strategi penanganan sesuai dengan instruksi Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Secara umum RSUD Beriman sudah siap dalam penanganan jika ditemukan kasus. Tapi kita berharap di Balikpapan ini tidak ada kasus itu,” kata Indah melalui sambungan telepon.

Menurut Indah, dalam penanganan pastinya semua kolaborasi. Karena kasusnya terjadi pada anak, maka penanganan dilakukan oleh dokter anak.
Dari sarana serta prasarana telah disiapkan. Termasuk penyediaan obat-obatan sudah dilakukan. “Ruang pemeriksaan laboratorium juga sudah kita siapkan, karena itu harus cek rutin. Dari SDM juga semuanya sudah siap,” ungkapnya.

Indah pun mengimbau kepada para orang tua untuk selalu menjaga kebersihan. Terutama tangan buah hatinya. Karena hepatitis ini penularan melalui mulut. Artinya, apa yang dimasukkan ke mulut harus dijaga.

“Seperti makanan dan lainnya itu harus dijaga. Kemudian untuk sementara ini anak-anak juga dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas berenang dulu,” imbuhnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.