background img

SI JEMPOL DPMPT DISAMBUT POSITIF

4 years ago written by

BALIKPAPAN KPFM – Pelaksanaan Si Jempol (Sistem Jemput Bola Langsung) milik Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPT) Kota Balikpapan ternyata disambut baik masyarakat. Pasalnya, baru dua hari berjalan di kawasan Perumahan Balikpapan Regency, Si Jempol sudah menghasil 8 Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Hal tersebut terbukti saat dilaksanakan serah terima IMB dari Wakil Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud dan Kepala DPMPT Kota Balikpapan Elvin Junaedi di halaman parkir Waterpark Carribean Balikpapan Regency, Kamis (15/2).

Elvin mengatakan, aksi perdana Si Jempol di Perumahan Balikpapan Regency ternyata disambut antusias oleh masyarakat sekitar. Bahkan, jumlah masyarakat yang datang mengurus perizinan sudah mencapai lebih dari 20.

“Sebenarnya yang datang ke sini mengurus izin cukup banyak, tetapi memang berkasnya banyak yang belum lengkap jadi perlu ada perbaikan. Dan hari ini mereka datang lagi, jadi mudah-mudahan banyak yang sudah melengkapi dan diterbitkan. Yang jelas waktu pelayanan sejak hari Selasa kemarin ada 8 IMB yang sudah selesai dan hari ini kami serahkan kepada mereka. Paling tidak kami membuktikan bahwa mengurus IMB itu tidak memakan waktu lama, hanya 2 hari saja bisa selesai,” ujarnya.

Sebelumnya, lanjut Elvin, pihaknya menyosialisasikan Si Jempol terlebih dahulu ke pengembang perumahan dan RT-RT perumahan yang akan didatangi. Kemudian, dari RT akan diteruskan ke masyarakat sekitarnya melalui WhatsApp grup. ” Mereka memberikan informasi tentang Si Jempol dan persyaratan apa saja yang dibutuhkan. Ini sebagai salah satu bentuk sosilaisasi kami,” sambungnya.

Disinggung terkait target, Elvin tidak mematok angka. Dia berharap yang mengurus perizinan lewat Si Jempol bisa sebanyak-banyaknya, terutama perumahan-perumahan yang banyak melakukan renovasi. “Kami melakukan rolling setiap minggunya. Minggu pertama ini Balikpapan Regency dulu, kemudian minggu depan giliran perumahan Wika. Satu minggunya bisa dua sampai tiga kali kami membuka stan di sana,” imbuh Elvin.

Rahmad Mas’ud sebagai Wakil Wali Kota Balikpapan sangat menyambut baik inovasi yang dibuat DPMPT. Menurutnya, sistem ini bukan hanya untuk memudahkan pelayanan masyarakat, tetapi juga bagaimana penataan terhadap tata kota di Balikpapan. “Banyak yang membangun rumah tanpa IMB, mungkin sekarang tidak menimbulkan masalah, tetapi di belakang hari pasti akan menjadi masalah ketika rumah itu ingin dijaminkan atau dijadikan tempat usaha,” jelas Rahmad.

Harapannya, Si Jempol dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan menghilangkan paradigma masyarakat tentang sulitnya mengurus perizinan. “Tidak ada lagi kata sulit mengurus perizinan yang penting persyaratan lengkap,” tambahnya.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut dan tentang jadwal Si Jempol, bisa langsung membuka akun Instagram @dpmpt_bpp atau ke Facebook DPMPT Balikpapan. Bisa juga menghubungi ke nomor 0813 4874 4743. (RARA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *