background img

SERTIFIKASI ASET MASUK RPJMD

1 month ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan berencana akan memasukan program sertifikasi aset sebagai salah satu prioritas dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Balikpapan periode 2021 – 2024.

Rencana untuk menuntaskan pelaksanaan sertifikasi aset milik pemerintah daerah ini merupakan salah satu program utama yang akan dilaksanakan oleh Wali Kota Balikpapan yang baru, Rahmad Mas’ud, yang akan dituangkan dalam RPJMD.

“Kita konsentrasi untuk pengamanan aset, rencana untuk pengamanan aset daerah ini akan dimasukkan sebagai salah satu agenda dalam RPJMD Kota Balikpapan,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah ( BPKAD) Kota Balikpapan Madram Muhyar kepada wartawan, Rabu (19/5).

Menurutnya, rencana untuk mendorong pelaksanaan sertifikasi aset milik daerah ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengamankan keberadaan aset yang ada, sesuai dengan arahan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sehingga dalam pelaksanaanya nanti, pihak BPKAD akan berkoordinasi dengan KPK dalam mengawal rencana pelaksanaan sertifikasi aset yang ada.
“Untuk pengamanan aset ini ada beberapa yang kita lakukan, dan pelaksanaan pengamanan aset ini di lingkungan BPKAD itu dikawal oleh KPK,” ujarnya.

Ia menjelaskan, sesuai arahan dari KPK, pihaknya telah melakukan sejumlah tindakan untuk sejumlah aset milik pemerintah yakni dengan melakukan pematokan dan pemagaran, yang dilanjutkan dengan sertifikasi.

Langkah ini dilakukan untuk menertibkan pengelolaan aset yang dimiliki pemerintah daerah sehingga lebih aman. Namun dirinya tidak memberikan keterangan lebih rinci mengenai berapa aset milik pemerintah daerah yang sudah selesai disertifikasi.

“Saya belum bisa menyebutkan secara rinci berapa total dari aset milik pemerintah daerah yang sudah disertifikasi. Saya kurang hafal,” ungkapnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *