background img

SEPEKAN PULUHAN NAKES TERPAPAR

3 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Kasus Covid-19 di Kota Balikpapan dalam beberapa pekan terakhir melonjak signifikan. Bahkan pada Kamis kemarin (17/2), yang terkonfirmasi positif mencapai 688 orang.

Situasi itu membuat tenaga kesehatan atau Nakes kelelahan dan kian rentan terpapar penyakit tersebut. Satu minggu terakhir, tercatat ada puluhan Nakes yang terkonfirmasi positif di Balikpapan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty membenarkan kondisi tersebut. Dikatakan, hingga Rabu, 16 Februari 2022, sebanyak 70 lebih tenaga kesehatan yang positif Covid-19.

“Nakes kita juga sudah mulai terpapar. Mulai meningkat satu minggu belakangan ini. Sudah lebih 70 Nakes positif. Ada dokter, perawat, apoteker, dan bidan,” kata Andi Sri Juliarty, Jumat (18/2) melalui pesan WhatsApp.

Dio, sapaan akrab Andi Sri Juliarty, khawatir dengan kondisi itu. Nakes akan terus terpapar, terlebih sudah ditemukan varian Omicron pada sampel yang dikirim ke Puslitbangkes beberapa waktu.

“Kami sangat mengkhawatirkan penularan ini, sebab sudah memapar tenaga kesehatan di rumah sakit maupun puskesmas. Dan sekarang sudah ditemukan Omicron,” ungkapnya.

Dalam situasi ini, kewaspadaan harus terus ditingkatkan agar kondisi pandemi tak memburuk seperti tahun 2021 lalu.

Masyarakat juga diimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 5M. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Waspada, varian Omicron penularannya sangat cepat, kasus juga semakin naik. Kami imbau masyarakat pakai masker dua lapis dan tidak ke luar rumah jika tidak mendesak,” imbuhnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.