background img

SEMAYANG TERAPKAN GENOSE

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Alat pendeteksi cepat Covid-19 melalui hembusan nafas yakni GeNose kini tersedia di Pelabuhan Semayang Kota Balikpapan.

Alat bantuan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) ini pun diuji coba, Selasa (15/6) pagi. Tak butuh waktu lama untuk mengetahui hasil dari screening tersebut, hanya dalam hitungan menit sudah diketahui.

General Manager Pelindo IV Balikpapan Iwan Sjafaruddin mengatakan, pada tahap awal ini pihaknya menyiapkan sekitar 400 kantong GeNose. Ditambah 2.000 kantong yang baru tiba.

“Itu disisakan untuk kapal lain yang baru datang atau berangkat dari Pelabuhan Semayang. Kami sesuaikan dengan jumlah penumpang,” kata Iwan kepada awak media.

Dalam pelaksanaannya, pelayanan GeNose diperuntukkan terhadap penumpang kapal yang belum memiliki dokumen bebas Covid-19 seperti hasil rapid antigen maupun tes swab.

“Bagi mereka yang belum ada, tes GeNose dulu baru bisa membeli tiket. Tarif Rp 40 ribu untuk satu kali pemeriksaan, sama dengan yang diterapkan di Bandara SAMS Sepinggan,” ungkapnya.

Semua masyarakat diharapkan memanfaatkan layanan GeNose sebelum berangkat. Tujuannya sebagai deteksi sekaligus pencegahan dini penyebaran Covid-19.

“Kalau nanti ada yang terkonfirmasi positif, maka pihak Pelindo dan KSOP akan melengkapi lagi dengan klinik untuk tes antigen. Sehingga bisa selesai di satu tempat dalam waktu yang singkat,” ucap Kepala DKK Balikpapan Andi Sri Juliarty.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *