background img

SELURUH KORBAN KAPAL TENGGELAM SELAMAT

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Seluruh korban kapal Tug Boat Syarasd Satu yang tenggelam di Selat Makassar, tepatnya di perairan Muara Pegah pada Minggu (7/3) pagi dinyatakan selamat dan berhasil dievakuasi oleh Tim SAR gabungan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan (Basarnas Kaltim) Melkianus Kotta melalu WhatsApp Grup yang diterima KPFM, Minggu sore.

“Hasil operasi ke delapan korban berhasil dievakuasi sekitar pukul 15.15 Wita. Dan tiba di dermaga Somber Balikpapan sekitar pukul 17.30 Wita,” kata Melkianus.

Hanya saja salah satu korban langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan, karena mengalami luka pada bagian kaki.

“Sudah dirujuk ke rumah sakit. Sementara yang lainnya dalam keadaan baik-baik saja,” ujarnya.

Untuk kronologi kejadian, Rustam (49) selaku nahkoda kapal yang tenggelam tersebut menjelaskan, awalnya kapal bertolak dari Balikpapan menuju Palu pada Sabtu (6/3).

Namun, saat tiba di lokasi kejadian mereka dihadapkan dengan kondisi cuaca yang kurang bersahabat. Ia pun memutar balik kapal.

“Kondisi tidak memungkinkan, saya balik. Tapi sekitar pukul 00.00 Wita ada trouble, dan kapal terombang-ambing. Terpaksa saya larikan ke tongkang dan pindahkan barang yang bisa diselamatkan,” jelas Rustam dalam rekaman wawancara yang diterima KPFM dari Tim SAR.
Setelah itu, lanjut Rustam, pada Minggu (7/3) pagi sekira pukul 7.30 Wita ia melanjutkan perjalanan karena melihat kondisi sudah aman.
“Tapi air masuk kapal, dan sekitar pukul 10.30 Wita kapal tenggelam. Namun tongkang aman, serta semua kru selamat. Hanya satu yang terluka,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *