background img

SELEKSI PASKIBRAKA MEMASUKI TAHAP AKHIR

2 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Pada peringatan HUT RI, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka sebagai petugas pengibar dan penurunan Bendera Merah Putih menjadi salah satu daya tarik.
Demi menjadi salah satu anggota Paskibraka, calon anggota harus melalui tahap rekrutmen dan seleksi yang berjenjang. Di Kota Balikpapan sendiri, untuk tahun 2022 ini tahapannya sudah mendekati seleksi tahap akhir.
Jumat hari ini, 11 Maret 2022, para peserta yang kini tersisa 64 orang di antaranya 32 putra dan 32 putri mengikuti tes psikologi di Gedung Dharmawanita kawasan Telaga Sari, Balikpapan Kota.
Setelah itu, para peserta berkumpul di halaman Gedung Balikpapan Tennis Stadium di Jalan Asnawi Arbain, Balikpapan Selatan. Di sana mereka akan diseleksi untuk mewakili Kota Balikpapan ke tingkat Provinsi.
“Hari ini tim Dispora Provinsi melakukan penilaian untuk seleksi calon Paskibraka yang nantinya dipilih untuk Paskibraka Provinsi. Yang dipilih empat orang, dua putri dan dua putra,” kata Kabid Kepemudaan Disporapar Balikpapan, Yosep Gunakan.
Empat orang yang terpilih, lanjut Yosep, nantinya menjadi bagian dari Paskibraka Provinsi dan memiliki kesempatan untuk menjadi anggota Paskibraka tingkat Nasional.
“Yang dikirim ke Provinsi ini akan bersaing lagi dengan perwakilan dari Kabupaten/Kota lain di Kaltim untuk menjadi calon anggota Paskibraka Nasional mewakili Provinsi Kaltim. Setiap Provinsi itu mengirim satu pasang untuk ke Nasional,” ungkapnya.
Sementara itu, bagi peserta yang tidak terpilih ke Provinsi masih harus bersaing lagi untuk menjadi calon anggota Paskibraka Kota Balikpapan. Nantinya hanya 39 orang yang dipilih menjadi anggota, ditambah empat orang yang dikirim ke Provinsi.
“Jadi yang 64 orang hari ini masih diseleksi lagi, hingga nanti tersisa 43 orang yang menjadi anggota Paskibraka. Di antaranya 22 putri dan 21 putra. Setelah anggota terbentuk, dilanjutkan dengan latihan rutin sebelum 17 Agustus,” ucapnya.

Fredy Janu/Kpfm

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.