background img

SELAMA PANDEMI VOLUME SAMPAH NAIK

11 months ago written by

KPFM BALIKPAPAN – Volume sampah di Kota Balikpapan mengalami kenaikan yang cukup signifikan selama pandemi Covid-19.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan Nursyamsiarni D Larose mengatakan bahwa rata-rata timbunan sampah sepanjang tahun 2021, mencapai 390,65 ton per hari. Jumlah tersebut tercatat mengalami kenaikan sebesar 7,31% dibandingkan tahun 2020.

Ia menjelaskan, selain kenaikan jumlah penduduk, peningkatan pembangunan yang cukup signifikan seperti proyek kilang minyak Pertamina juga mempengaruhi. Sehingga otomatis juga meningkatkan timbulan sampah domestik yang masuk ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

Jadi kebijakan strategi daerah, yang pertama pengurangan dan kedua penanganan.

“Selain ada faktor pertambahan jumlah penduduk dan perkembangan kota juga mempengaruhi,” kata perempuan yang akrab disapa Eni kepada wartawan, Selasa (4/1).

Secara nasional, sesuai dengan Perwali nomor 8 tahun 2018, di 2025 ditargetkan pengurangan sampah dapat mencapai 30 persen dan untuk penanganan sampah mencapai 70 persen.

Khusus untuk program pengurangan, ia mengakui bahwa saat ini belum bisa berjalan maksimal karena upaya pengurangan harus ada peningkatan kesadaran dari masyarakat.

Kemudian dan untuk regulasinya juga harus maksimalkan lagi.

Selain itu, banyak hal dalam situasi pandemi Covid-19 ini ternyata pola keseharian mengalami perubahan yang mempengaruhi peningkatan volume sampah.

“Pada saat ini, kita sulit untuk berinteraksi semacam sosialisasi, karena kendala prokes. Perubahan pola perilaku masyarakat, karena meningkatnya penggunaan kemasan karena kaitannya dengan prokes karena kalau membeli makanan biasanya dalam kemasan. Kalau dulu, kalau ada pertemuan sudah ada dalam piring-piring saja, karena kita sudah tidak bisa lakukan. Pemilihan sampah di sumber juga akhirnya kita tidak bisa jalankan. Termasuk pemilahan sampah di bank sampah menjadi tantangan,” jelasnya.

(MAULANA/KPFM)

Article Categories:
News

Leave a Comment

Your email address will not be published.